Kamis, 12 Juni 2014

SEJARAH KOMPUTER DAN PERKEMBANGANNYA

BISNIS Tepat Untuk Seorang Pemula

500 SM Sempoa ini pertama kali digunakan oleh Babel sebagai bantuan untuk aritmatika sederhana pada sekitar tahun tanggal ini. Sempoa dalam bentuk kita paling akrab dengan pertama kali digunakan di Cina pada sekitar 1300 Masehi

1614 Scotsman John Napier (1550-1617) menerbitkan sebuah makalah yang menguraikan penemuan logaritma. Napier juga menemukan sistem cerdas batang bergerak (disebut sebagai Batang Napier atau Makasar tulang). Ini memungkinkan operator untuk mengalikan, membagi dan menghitung kuadrat dan menghitung akar kubus dengan menggerakkan batang sekitar dan menempatkan mereka di papan khusus dibangun.

1623 Wilhelm Schickard (1592-1635), dari Tuebingen, Wuerttemberg (sekarang di Jerman), membuat "Menghitung Jam". Mesin mekanis ini mampu menambah dan mengurangi hingga 6 digit angka, dan memperingatkan overflow dengan dering bel. Operasi dilakukan oleh roda, dan sebuah revolusi lengkap dari unit roda bertambah puluhan roda dalam banyak cara yang sama counter di dek kaset tua bekerja.

Mesin dan rencana hilang dan terlupakan dalam perang yang sedang terjadi, kemudian ditemukan kembali pada tahun 1935, hanya untuk kalah dalam perang lagi, dan akhirnya ditemukan kembali pada tahun 1956 oleh orang yang sama (Franz Hammer)! Mesin dibangun kembali pada tahun 1960, dan ditemukan untuk menjadi bisa diterapkan. Schickard adalah teman astronom Johannes Kepler sejak mereka bertemu pada musim dingin tahun 1617.

1625 William Oughtred (1575-1660) menemukan aturan slide.1642 matematikawan Perancis, Blaise Pascal membangun sebuah mesin menambahkan mekanik (yang "Pascaline"). Meskipun lebih terbatas daripada Schickard 'Menghitung Jam' (lihat 1623), mesin Pascal menjadi jauh lebih terkenal. Dia mampu menjual sekitar selusin mesin dalam berbagai bentuk, mengatasi sampai 8 digit.

1668 Sir Samuel Morland (1625-1695), Inggris, menghasilkan mesin desimal menambahkan non, cocok untuk digunakan dengan uang Inggris. Alih-alih mekanisme carry, register melakukan kegiatan cepat tambahan, dari mana pengguna harus memasukkan kembali mereka sebagai addends.

1671 matematikawan Jerman, Gottfried Leibniz merancang sebuah mesin untuk melakukan perkalian, yang 'Melangkah penghisab'. Hal ini dapat multiple nomor hingga 5 dan 12 digit untuk memberikan operan 16 digit. Mesin ini kemudian hilang dalam loteng sampai 1879. Leibniz juga merupakan co-penemu kalkulus.
1775 Charles, Earl ketiga Stanhope, dari Inggris, membuat kalkulator mengalikan sukses mirip dengan Leibniz.

1776 Mathieus Hahn, di suatu tempat di apa yang akan menjadi Jerman, juga membuat kalkulator mengalikan sukses yang ia mulai pada tahun 1770.

1786 JH Mueller, tentara Hessian, conceives ide apa yang kemudian disebut sebagai "mesin perbedaan". Itulah tujuan kalkulator khusus untuk tabulasi nilai polinomial, mengingat perbedaan antara nilai-nilai tertentu sehingga polinom secara unik ditentukan; itu berguna untuk setiap fungsi yang dapat didekati dengan polinomial lebih dari interval yang cocok. Mueller upaya untuk mengumpulkan dana gagal dan proyek dilupakan.

1801 Joseph-Maire Jacuard mengembangkan tenun otomatis dikendalikan oleh kartu menekan.

1820 Charles Xavier Thomas de Colmar (1785-1870), Perancis, membuat "Arithmometer" nya, pertama kalkulator yang diproduksi secara massal. Itu perkalian menggunakan pendekatan umum yang sama seperti kalkulator Leibniz; dengan bantuan dari pengguna juga dapat melakukan pembagian. Itu juga merupakan kalkulator paling dapat diandalkan belum. Mesin desain umum ini, cukup untuk menempati sebagian besar desktop besar, terus dijual selama sekitar 90 tahun.

1822 Charles Babbage (1792-1871) dirancang komputer mekanis pertama, prototipe pertama untuk mesin perbedaan. Babbage menemukan 2 mesin Analytical Engine (perangkat matematika tujuan umum, lihat 1834) dan Difference Engine (re-penemuan Mueller 1786 mesin untuk memecahkan polinomial), kedua mesin itu terlalu rumit untuk dibangun (meskipun upaya yang dilakukan pada tahun 1832 ) - tetapi teori bekerja. Mesin analitis (diuraikan pada tahun 1833) melibatkan banyak proses yang mirip dengan komputer elektronik awal - terutama penggunaan kartu menekan untuk input.

1832 Babbage dan Joseph Clement menghasilkan segmen prototipe mesin perbedaan, yang beroperasi pada angka 6-digit dan perbedaan 2-order (yaitu dapat tabulasi polinomial kuadrat). Mesin yang lengkap, yang akan menjadi ruangan berukuran, direncanakan dapat beroperasi baik pada perbedaan 6-pesanan dengan jumlah sekitar 20 digit, dan pada perbedaan 3rd-order dengan jumlah 30 digit. Setiap penambahan akan dilakukan dalam dua tahap, kedua perawatan satu pengambilan setiap membawa dihasilkan dalam pertama. Output digit akan menekan ke dalam pelat logam lunak, dari yang piring untuk percetakan bisa dibuat. Tetapi ada berbagai kesulitan, dan tidak lebih dari sepotong prototipe ini pernah dirakit.

1834 George Scheutz, Stockholm, menghasilkan mesin perbedaan kecil di kayu, setelah membaca deskripsi singkat proyek Babbage.

1834 Babbage conceives, dan mulai merancang, "Analytical Engine". Program ini disimpan pada read-only memory, khususnya dalam bentuk punch card. Babbage terus bekerja pada desain selama bertahun-tahun, meskipun setelah sekitar 1840 perubahan yang kecil. Mesin akan beroperasi pada angka 40 digit; yang "pabrik" (CPU) akan memiliki 2 akumulator utama dan beberapa yang tambahan untuk tujuan tertentu, sedangkan "toko" (memori) akan mengadakan mungkin 100 nomor. Akan ada beberapa pembaca punch card, baik untuk program dan data; kartu akan dirantai dan gerakan rantai masing-masing dapat dibalik. Mesin akan mampu melakukan lompatan-lompatan bersyarat. Ada juga akan menjadi bentuk microcoding: arti instruksi akan tergantung pada posisi kancing logam dalam tong berlubang, yang disebut "control laras". Mesin akan melakukan penambahan 3 detik dan perkalian atau pembagian dalam 2-4 menit.

1842 Proyek perbedaan mesin Babbage secara resmi dibatalkan. (The overruns biaya telah cukup, dan Babbage menghabiskan terlalu banyak waktu di mendesain ulang Analytical Engine.)

1843 Scheutz dan putranya Edvard Scheutz menghasilkan mesin perbedaan 3rd-order dengan printer, dan pemerintah Swedia setuju untuk mendanai pembangunan berikutnya.

1847 Babbage mendesain sebuah membaik, perbedaan mesin sederhana, sebuah proyek yang memakan waktu 2 tahun. Mesin dapat beroperasi pada perbedaan 7-order dan nomor 31-digit, tetapi tidak ada yang tertarik dalam membayar untuk memilikinya dibangun.
(Dalam 1989-91, bagaimanapun, sebuah tim di London Science Museum akan melakukan hal itu. Mereka akan menggunakan komponen konstruksi modern, tetapi dengan toleransi tidak lebih baik dari Clement bisa memberikan ... dan, setelah sedikit bermain-main dan detail- debugging, mereka akan menemukan bahwa mesin memang bekerja.)

1848 British matematika George Boole menyusun aljabar biner (aljabar Boolean) membuka jalan bagi pengembangan komputer biner hampir satu abad kemudian. Lihat 1939.

1853 Untuk menyenangkan Babbage, para Scheutzes menyelesaikan perbedaan mesin skala penuh pertama, yang mereka sebut Tabulating Machine. Ini beroperasi pada nomor 15-digit dan perbedaan 4-order, dan menghasilkan output dicetak sebagai Babbage akan. Sebuah mesin kedua adalah kemudian dibangun untuk desain yang sama oleh perusahaan dari Brian Donkin London.

1858 Yang pertama Tabulating Machine (lihat 1853) dibeli oleh Dudley Observatory di Albany, New York, dan yang kedua oleh pemerintah Inggris. Mesin Albany digunakan untuk menghasilkan satu set tabel astronomi; tetapi direktur observatorium itu kemudian dipecat karena pembelian ini boros, dan mesin tidak pernah serius digunakan lagi, akhirnya berakhir di museum. Mesin kedua, bagaimanapun, memiliki hidup yang panjang dan berguna.

1871 Babbage memproduksi bagian prototipe pabrik Analytical Engine dan printer.

1878 Ramon Verea, tinggal di New York City, menciptakan sebuah kalkulator dengan tabel perkalian internal; ini jauh lebih cepat daripada kereta pergeseran atau metode digital lainnya. Dia tidak tertarik untuk memasukkannya ke dalam produksi; ia hanya ingin menunjukkan bahwa Spanyol bisa menciptakan serta Amerika.

1879 Sebuah komite menyelidiki kelayakan menyelesaikan Analytical Engine dan menyimpulkan bahwa tidak mungkin sekarang Babbage sudah mati. Proyek ini kemudian dilupakan, meskipun Howard Aiken adalah pengecualian.

1885 A mengalikan kalkulator lebih kompak daripada Arithmometer memasuki produksi massal. Desainnya adalah independen, dan lebih atau kurang simultan, penemuan Frank S. Baldwin, Amerika Serikat, dan T. Odhner, seorang Swedia yang tinggal di Rusia. Drum bergalur digantikan oleh "gigi variabel-bergigi" desain: sebuah disk dengan radial pasak yang dapat dibuat untuk menonjol atau menarik kembali dari itu.

1886 Dorr E. Felt (1862-1930), Chicago, membuat "mesin penghitung" nya. Ini adalah kalkulator pertama di mana operan dimasukkan hanya dengan menekan tombol daripada harus berupa, misalnya, keluar masuk Hal ini layak karena penemuan Felt tentang mekanisme carry cukup cepat untuk bertindak sedangkan tombol kembali tertekan.

1889 Felt menciptakan pertama meja pencetakan kalkulator.

1890 1890 sensus AS. Sensus 1880 mengambil 7 tahun untuk menyelesaikan karena semua proses dilakukan dengan tangan off dari lembaran jurnal. Meningkatnya populasi disarankan agar sensus 1890 pengolahan data akan memakan waktu lebih lama dari 10 tahun sebelum sensus berikutnya - jadi kompetisi diadakan untuk mencoba untuk menemukan metode yang lebih baik.
Ini dimenangkan oleh seorang karyawan Departemen Sensus, Herman Hollerith - yang kemudian menemukan Tabulating Machine Company (lihat 1911), kemudian menjadi IBM. Herman meminjam gagasan Babbage menggunakan kartu menekan (lihat 1801) dari industri tekstil untuk penyimpanan data. Metode ini digunakan dalam sensus 1890, hasil (62.622.250 orang) dirilis hanya dalam 6 minggu! Penyimpanan ini memungkinkan lebih banyak analisis mendalam dari data dan sebagainya, meskipun lebih efisien, biaya sensus 1890 sekitar dua kali lipat (198% benar) bahwa dari sensus 1880.

1892 William S. Burroughs (1857-1898), dari St Louis, menciptakan sebuah mesin yang mirip dengan Felt (lihat 1886) tetapi lebih kuat, dan ini adalah salah satu yang benar-benar mulai industri kantor kalkulator mekanik.

1896 IBM mendirikan (sebagai Tabulating Machine Company), lihat 1924. Didirikan oleh Herman Hollerith (1860-1929, lihat juga 1890).

1899 "Segala sesuatu yang bisa ditemukan telah ditemukan.", Charles H. Duell, direktur Kantor Paten AS
1906 Henry Babbage, putra Charles, dengan bantuan dari perusahaan RW Munro, melengkapi pabrik dari ayahnya Analytical Engine, hanya untuk menunjukkan bahwa itu akan berhasil. Itu. Mesin lengkap tidak pernah diproduksi.

1906 Tabung Elektronik (atau Elektronik Valve) yang dikembangkan oleh Lee De Forest di Amerika. Sebelum ini tidak mungkin untuk membuat komputer elektronik digital.

1911 Penggabungan perusahaan, termasuk Herman Hollerith Tabulating Machine Company, untuk Komputasi - Tabulating - Recording Company - yang menjadi IBM pada tahun 1924.

1919 WH Eccles dan FW Jordan mempublikasikan desain sirkuit flip-flop pertama.

1924 - Februari International Business Machines (IBM korporasi) terbentuk setelah merger lebih melibatkan Computing - Tabulating - Recording Company -. Lihat 1911 Pada tahun 1990 IBM memiliki pendapatan sekitar $ 69 Milyar (dan 373.816 karyawan), meskipun pada tahun 1992 resesi menyebabkan luka dalam dividen saham (untuk pertama kalinya dalam sejarah perusahaan) dan pemecatan 40.000 karyawan.

1931-1932 E. Wynn-Williams, di Cambridge, Inggris, menggunakan tabung thyratron untuk membangun counter digital biner untuk penggunaan yang terkait dengan eksperimen fisika.

1935 International Business Machines memperkenalkan "IBM 601", mesin kartu punch dengan unit aritmatika berdasarkan relay dan mampu melakukan perkalian dalam 1 detik. Mesin menjadi penting, baik dalam perhitungan ilmiah dan komersial, dan sekitar 1.500 dari mereka yang akhirnya membuat.

1937 Alan M. Turing (1912-1954), dari Cambridge University, Inggris, menerbitkan sebuah makalah tentang "nomor komputasi" - teori matematika perhitungannya. Makalah ini memecahkan masalah matematika, tetapi solusi dicapai dengan penalaran (sebagai perangkat matematika) tentang komputer disederhanakan teoritis saat ini dikenal sebagai mesin Turing.

1937 George Stibitz (c.1910-) dari Bell Telephone Laboratories (Bell Labs), New York City, membangun sebuah demonstrasi 1-bit Adder biner menggunakan relay. Ini adalah salah satu komputer biner pertama, meskipun pada tahap ini itu hanya demonstrasi perbaikan mesin terus mengarah ke 'bilangan kompleks kalkulator' dari Januari 1940.

1938 Claude E. Shannon (1916 -) menerbitkan sebuah makalah tentang implementasi logika simbolik dengan menggunakan relay.

1938 Konrad Zuse (1910-1995) dari Berlin, dengan beberapa bantuan dari Helmut Schreyer, melengkapi prototipe mekanik kalkulator diprogram biner, kalkulator biner pertama didasarkan pada Aljabar Boolean (lihat 1848). Awalnya disebut "V1" tetapi surut berganti nama menjadi "Z1" setelah perang. Ia bekerja dengan angka floating point memiliki eksponen 7-bit, 16-bit mantissa, dan sedikit tanda. Memori menggunakan bagian logam geser untuk menyimpan 16 nomor tersebut, dan bekerja dengan baik; tetapi unit aritmatika kurang berhasil. Program dibaca dari menekan pita - tidak pita kertas, tetapi dibuang 35 Film mm film. Nilai data dapat dimasukkan dari keyboard numerik, dan output ditampilkan pada lampu listrik.
1939 - 1 Januari Hewlett-Packard dibentuk oleh David Hewlett Packard dan William di sebuah garasi di California. Sebuah lemparan koin memutuskan nama.

1939 - John V. Atanasoff November (1903 -) (? -1963) Dan mahasiswa pascasarjana Clifford Berry, dari Iowa State College (sekarang Iowa State University), Ames, Iowa, menyelesaikan prototipe 16-bit adder. Ini adalah mesin pertama untuk menghitung menggunakan tabung vakum.

1939 Mulai dari Perang Dunia II. Hal ini mendorong banyak perbaikan dalam teknologi - dan menyebabkan pengembangan mesin seperti Colossus (lihat 1943).

1939 Zuse dan Schreyer mulai bekerja pada "V2" (kemudian "Z2"), yang akan menikah dengan unit memori mekanik Z1 yang ada ke unit aritmatika baru menggunakan logika relay. Proyek ini terganggu selama satu tahun ketika Zuse adalah disusun, tapi kemudian dibebaskan. (Zuse adalah teman dari Wernher von Braun, yang kemudian akan mengembangkan * lain * "V2", dan setelah itu, memainkan peran kunci dalam program luar angkasa AS.)

1939/1940 Schreyer menyelesaikan prototipe 10-bit adder menggunakan tabung vakum, dan memori prototipe menggunakan lampu neon.

1940 - Januari Di Bell Labs, Samuel Williams dan Stibitz menyelesaikan kalkulator yang dapat beroperasi pada bilangan kompleks, dan memberikan nama imajinatif "Kompleks Nomor Calculator"; itu kemudian dikenal sebagai "Model I Relay Kalkulator". Menggunakan telepon beralih bagian untuk logika: 450 relay dan 10 switch mistar gawang. Angka terwakili dalam "plus 3 BCD"; yaitu, untuk setiap digit desimal, 0 diwakili oleh biner 0011, 1 dengan 0100, dan seterusnya sampai 1100 selama 9; Skema ini memerlukan relay kurang dari BCD lurus. Daripada mengharuskan pengguna untuk datang ke mesin untuk menggunakannya, kalkulator disediakan dengan tiga keyboard terpencil, di berbagai tempat di gedung, dalam bentuk teletypes. Hanya satu dapat digunakan pada satu waktu, dan output secara otomatis ditampilkan pada satu sama. Pada bulan September 1940, teletype yang dibuat di sebuah konferensi matematika di Hanover, New Hampshire, dengan koneksi ke New York, dan mereka menghadiri konferensi dapat menggunakan mesin dari jarak jauh.

1941 - Musim Panas Atanasoff dan Berry menyelesaikan kalkulator tujuan khusus untuk sistem persamaan linear simultan memecahkan, kemudian disebut "ABC" ("Atanasoff-Berry Computer"). Ini memiliki 60 50-bit kata-kata dari memori dalam bentuk kapasitor (dengan refresh sirkuit - memori regeneratif pertama) dipasang pada dua drum bergulir. The clock speed adalah 60 Hz, dan membutuhkan tambahan 1 detik. Untuk memori sekunder menggunakan kartu punch, dipindahkan di sekitar oleh pengguna. Lubang-lubang tersebut tidak benar-benar menekan kartu, tetapi dibakar. Tingkat Kesalahan punch card sistem tidak pernah berkurang melampaui 0,001%, dan ini tidak benar-benar cukup baik. (Atanasoff akan meninggalkan Iowa State setelah Amerika Serikat memasuki perang, dan ini akan berakhir karyanya pada mesin komputasi digital.)

1941 - Desember Sekarang bekerja dengan dukungan terbatas dari DVL (Jerman Aero-bahari Research Institute), Zuse melengkapi "V3" (kemudian "Z3"): pertama kalkulator programmable operasional. Ia bekerja dengan angka floating point memiliki eksponen 7-bit, 14-bit mantissa (dengan "1" bit secara otomatis diawali kecuali nomor tersebut adalah 0), dan sedikit tanda. Memori memegang 64 dari kata-kata ini dan karena itu memerlukan lebih dari 1400 relay; ada 1200 lebih dalam aritmatika dan kontrol unit. Program, input, dan output diimplementasikan seperti yang dijelaskan di atas untuk Z1. Melompat bersyarat tidak tersedia. Mesin ini dapat melakukan penambahan 3-4 per detik, dan membutuhkan 3-5 detik untuk perkalian. Ini adalah keputusan marjinal apakah untuk memanggil Z3 prototipe; dengan memori yang kecil tentu tidak terlalu berguna pada masalah persamaan pemecahan bahwa DVL sebagian besar tertarik

1943 Komputer antara 1943 dan 1959 (atau sekitar itu - ada yang mengatakan era ini tidak mulai sampai UNIVAC-1 pada tahun 1951) biasanya dianggap sebagai 'generasi pertama' dan didasarkan pada katup dan sirkuit kawat. The ditandai dengan penggunaan kartu menekan dan katup vakum. Semua pemrograman dilakukan dalam kode mesin. Sebuah mesin khas era itu UNIVAC, lihat 1951.

1943 "Saya pikir ada pasar dunia untuk sekitar lima komputer.", Thomas Watson, ketua IBM.

1943 – Januari The Harvard Mark I (awalnya ASCC Mark I, Harvard-IBM Automatic Urutan Controlled Calculator) dibangun di Harvard University oleh Howard H. Aiken (1900-1973) dan timnya, sebagian dibiayai oleh IBM - itu menjadi program pertama dikendalikan kalkulator. Seluruh mesin adalah 51 kaki panjang, berat 5 ton, dan menggabungkan 750.000 bagian. Ini digunakan 3304 relay elektromekanik sebagai on-off switch, memiliki 72 akumulator (masing-masing dengan unit aritmatika sendiri) serta mendaftar mekanis dengan kapasitas 23 digit tanda plus. Aritmatika adalah fixed-point, dengan pengaturan plugboard menentukan jumlah tempat desimal. Fasilitas I / O termasuk pembaca kartu, kartu pukulan, pembaca pita kertas, dan mesin ketik. Ada 60 set switch putar, yang masing-masing dapat digunakan sebagai sebuah register konstan - semacam mekanis read-only memory. Program dibaca dari satu pita kertas; data dapat dibaca dari kaset lain, atau pembaca kartu, atau dari register konstan. Melompat bersyarat tidak tersedia. Namun, dalam tahun kemudian mesin dimodifikasi untuk mendukung beberapa pembaca pita kertas untuk program ini, dengan transfer dari satu ke yang lain bersyarat, semacam seperti panggilan subrutin bersyarat. Tambahan lainnya memungkinkan penyediaan plugboard-subrutin kabel callable dari rekaman itu.Digunakan untuk membuat tabel balistik untuk US Navy.

1943 – April Max Newman, Wynn-Williams, dan tim mereka (termasuk Alan Turing) di Pemerintah Kode rahasia dan Cypher Sekolah ('Station X'), Bletchley Park, Bletchley, Inggris, melengkapi "Heath Robinson". Ini adalah mesin khusus untuk cipher-melanggar, bukan kalkulator tujuan umum atau komputer, tetapi beberapa jenis perangkat logika, menggunakan kombinasi elektronik dan logika relay. Ini membaca data optik di 2000 karakter per detik dari 2 loop tertutup dari pita kertas, masing-masing biasanya sekitar 1000 karakter. Itu penting karena itu kedepan-pelari dari Colossus, lihat Desember 1943.
Newman tahu Turing dari Cambridge (Turing adalah seorang mahasiswa Newman.), Dan telah menjadi orang pertama yang melihat draft Turing 1937 kertas.
Heath Robinson adalah nama seorang kartunis Inggris dikenal untuk gambar mesin lucu, seperti Amerika Rube Goldberg. Dua mesin kemudian di seri akan dinamai London toko dengan "Robinson" di nama mereka.

1943 - September Williams dan Stibitz menyelesaikan "Relay Interpolator", kemudian disebut "Model II Relay Kalkulator". Ini adalah kalkulator diprogram; lagi, program dan data yang dibaca dari kaset kertas. Sebuah fitur inovatif adalah bahwa, untuk keandalan yang lebih besar, angka terwakili dalam format biquinary menggunakan 7 relay untuk setiap digit, yang tepat 2 harus "on": 01 00001 untuk 0, 01 00010 untuk 1, dan seterusnya sampai 10 10000 untuk 9. Beberapa mesin nanti dalam seri ini akan menggunakan notasi biquinary untuk digit angka floating-point.)

1943 - Desember paling awal Programmable Elektronik Komputer pertama berlari (di Inggris), itu berisi 2.400 Tabung vakum untuk logika, dan disebut Colossus. Dibangun, oleh Dr Thomas Bunga di The Kantor Pos Laboratorium Penelitian di London, untuk memecahkan Lorenz Jerman (SZ42) Cipher yang digunakan oleh mesin yang 'Enigma'. Colossus digunakan pada Bletchly Taman selama Perang Dunia II - sebagai penerus April 'Robinson. Ini diterjemahkan menakjubkan 5000 karakter per detik, dan menggunakan pita menekan untuk input. Meskipun 10 akhirnya dibangun, sayangnya mereka dihancurkan segera setelah mereka telah menyelesaikan pekerjaan mereka - itu begitu maju bahwa ada tidak ada kemungkinan desain jatuh ke tangan yang salah (mungkin Rusia). Salah satu insinyur awal menulis sebuah emulasi pada Pentium awal - yang berlari pada 1/2 tingkat!

1946 ENIAC (Electronic Numerical Integrator dan Computer): Salah satu benar-benar elektronik, katup didorong, digital, komputer pertama. Pembangunan dimulai tahun 1943 dan selesai pada tahun 1946, di Laboratorium Penelitian Balistik, USA, oleh John W. Mauchly dan J. Presper Eckert. Beratnya 30 ton dan berisi 18.000 Elektronik Valves, mengkonsumsi sekitar 25kW daya listrik - secara luas diakui sebagai yang pertama Universal Electronic Computer. Itu bisa dilakukan sekitar 100.000 perhitungan detik. Itu digunakan untuk menghitung lintasan balistik dan pengujian teori di balik bom Hidrogen.

1947 - end Penemuan Transistor pada The Bell Laboratories, Amerika Serikat, oleh William B. Shockley, John Bardeen dan Walter H. Brattain.

1948 - 21 Juni SSEM, Skala Kecil Eksperimental Mesin atau 'Baby' dibangun di Manchester University (Inggris), Itu berlari program pertama pada tanggal ini. Berdasarkan ide dari Jon von Neumann (a Mathematician Hungaria) tentang komputer program tersimpan, itu adalah komputer pertama yang menyimpan kedua program dan data dalam RAM, seperti komputer modern begitu.

Pada tahun 1949 'Baby' telah tumbuh, dan mengakuisisi drum magentic untuk penyimpanan lebih perminant, dan itu menjadi Manchester Mark I. Ferranti Mark I pada dasarnya sama dengan Manchester Mark I tapi lebih cepat dan dibuat untuk dijual commmercial.

1949 - 6 Mei Wilkes dan tim di Universitas Cambridge membangun sebuah program komputer yang disimpan - EDSAC. Ini digunakan pita kertas I / O, dan komputer disimpan-program pertama untuk mengoperasikan layanan komputasi biasa.

1949 EDVAC (electronic discrete variable komputer) - komputer pertama untuk menggunakan Magnetic Tape. Ini adalah terobosan seperti komputer sebelumnya harus diprogram ulang dengan re-kabel mereka sedangkan EDVAC bisa memiliki program baru dimuat off dari rekaman itu. Diusulkan oleh John von Neumann, itu selesai pada tahun 1952 di Institut Advance Study, Princeton, Amerika Serikat.

1949 "Komputer di masa depan mungkin berat tidak lebih dari 1,5 ton.", Popular Mechanics, meramalkan perjalanan tanpa henti ilmu pengetahuan.

1950 Floppy Disk diciptakan di Universitas Kekaisaran di Tokyo oleh Dokter Yoshiro Nakamats, lisensi penjualan untuk disk diberikan kepada IBM.

1950 British matematika dan komputer pelopor Alan Turing menyatakan bahwa suatu hari akan ada sebuah mesin yang dapat menduplikasi kecerdasan manusia dalam segala hal dan membuktikannya dengan melewati tes khusus. Dalam tes ini, sebuah komputer dan manusia tersembunyi dari pandangan akan diminta pertanyaan acak identik. Jika komputer berhasil, penanya tidak akan bisa membedakan mesin dari orang tersebut dengan jawaban.

1.951 compiler bahasa tingkat tinggi ditemukan oleh Grace Murray Hopper.

1951 Lesus, real-time komputer pertama dibangun untuk Sistem Pertahanan Udara AS.

1951 UNIVAC-1. Pertama komputer elektronik sucessful komersial, UNIVAC I, juga yang pertama tujuan umum komputer - dirancang untuk menangani informasi baik numerik dan tekstual. Dirancang oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly, yang kemudian diteruskan ke perusahaan Remington Rand. Pelaksanaan mesin ini menandai awal yang sebenarnya dari era komputer. Remington Rand disampaikan mesin UNIVAC pertama kepada Biro Sensus AS pada tahun 1951. Mesin ini menggunakan pita magentic untuk input.

1952 EDVAC (Electronic Discrete Variable Computer) selesai pada Institute for Advanced Study, Princeton, Amerika Serikat (oleh Von Neumann dan lain-lain).
1953 Perkiraan bahwa ada 100 komputer di dunia.

1953 Magnetic Inti Memory dikembangkan.

1954 FORTRAN (Formula Translation) pengembangan dimulai oleh John Backus dan timnya di IBM - terus sampai 1957 FORTRAN merupakan bahasa pemrograman, yang digunakan untuk pemrograman Ilmiah..

1956 konferensi pertama pada Artificial Intelligence diadakan di Dartmouth College di New Hampshire.

1956 Edsger Dijkstra menemukan algoritma yang efisien untuk jalur terpendek dalam grafik sebagai demonstrasi kemampuan komputer ARMAC.

1957 Pertama Dot Matrix printer dipasarkan oleh IBM.

1957 pengembangan FORTRAN selesai. Lihat 1954.

1957 "Saya telah melakukan perjalanan panjang dan luasnya negara ini dan berbicara dengan orang-orang terbaik, dan saya dapat meyakinkan Anda bahwa pengolahan data adalah sebuah trend yang tidak akan terakhir keluar tahun." Editor bertanggung jawab atas buku-buku bisnis Prentice Hall.

1958 LISP (bahasa ditafsirkan) dikembangkan, jadi pada tahun 1960. LISP singkatan dari 'LISt Processing', tetapi beberapa menyebutnya 'Banyak Mengiritasi dan Sisipan Bodoh' karena jumlah besar kurung bersarang membingungkan digunakan dalam program LISP. Digunakan A.I. pembangunan. Dikembangkan oleh John McCarthy di Massachusetts Institute of Technology.

1958 - 12 September Sirkuit terpadu ditemukan oleh Jack St Clair Kilby di Texas Instruments. Robert Noyce, yang kemudian mendirikan Intel, juga bekerja secara terpisah pada penemuan ini. Intel kemudian melanjutkan untuk menciptakan sempurna mikroprosesor. Paten diterapkan untuk tahun 1959 dan diberikan pada tahun 1964 Paten ini tidak diterima oleh Japan bisnis Jepang sehingga bisa menghindari membayar biaya apapun, tetapi pada tahun 1989 - setelah pertempuran hukum 30 tahun - Jepang diberikan paten.; sehingga semua perusahaan Jepang membayar biaya sampai tahun 2001 - lama setelah paten menjadi usang di seluruh Dunia!

1959 Komputer dibangun antara 1959 dan 1964 sering dianggap sebagai 'Generasi Kedua' komputer, berdasarkan transistor dan sirkuit cetak - sehingga komputer yang jauh lebih kecil. Lebih kuat, generasi kedua komputer bisa menangani interpreter seperti FORTRAN (untuk ilmu) atau COBOL (untuk bisnis), yang menerima perintah bahasa Inggris-seperti, sehingga jauh lebih fleksibel dalam aplikasi mereka.

1959 COBOL (Common Business-Berorientasi Language) dikembangkan, spesifikasi awal yang dirilis pada bulan April 1960.

1960 ALGOL - pertama terstruktur, prosedural, bahasa yang akan dirilis.

1960 Tandy Perusahaan yang didirikan oleh Charles Tandy.

1.961 bahasa pemrograman APL dirilis oleh Kenneth Iverson di IBM.

1964 Komputer dibangun antara 1964 dan 1972 sering dianggap sebagai komputer 'Generasi Ketiga', mereka didasarkan pada sirkuit terpadu pertama - membuat mesin lebih kecil. Khas mesin tersebut adalah mainframe IBM 360 seri, sedangkan minicomputer yang lebih kecil mulai membuka komputer untuk usaha kecil.

1964 Bahasa pemrograman PL / 1 dirilis oleh IBM.

1964 Peluncuran IBM 360 - seri pertama komputer yang kompatibel.

1964 Desember PDP-8 Mini Komputer. Pertama komputer mini, dibangun oleh Digital EquipmentCost (DEC) biaya $ 16.000 untuk membeli.

1965 hukum Moore diterbitkan oleh Gordon Moore dalam edisi Anniversary ke-35 majalah Electronics. Awalnya menunjukkan kompleksitas prosesor setiap tahun hukum direvisi pada tahun 1975 untuk menyarankan dua kali lipat dalam kompleksitas setiap dua tahun.

1965 Fuzzy Logic dirancang oleh Lofti Zadeh (University of Berkeley, California), digunakan untuk memproses data perkiraan - seperti 'sekitar 100'.

1965 BASIC (Beginners All Purpose Symbolic Instruction Code) yang dikembangkan di Dartmouth College, Amerika Serikat, oleh Thomas E. Kurtz dan John Kemeny. Tidak diimplementasikan pada mikrokomputer sampai tahun 1975. Hal ini sering digunakan dalam pendidikan untuk mengajar pemrograman, dan juga di rumah oleh pemula.

1965 Tikus dikandung oleh Douglas Englebart, tidak menjadi populer sampai tahun 1983 dengan komputer Apple dan tidak diadopsi oleh IBM sampai tahun 1987 - meskipun komputer yang kompatibel seperti Amstrad PC 1512 yang dilengkapi dengan tikus sebelum tanggal ini.

1965 superkomputer pertama, Control Data CD6600, dikembangkan.

1967 Pengembangan PASCAL mulai, akan selesai pada tahun 1971. Berdasarkan ALGOL. Dikembangkan oleh Niklaus Wirth. Penggunaannya meledak setelah pengenalan Turbo Pascal, oleh Borland, pada tahun 1984 - dengan kecepatan tinggi dan biaya rendah compiler. Hal ini digunakan untuk berbagai tugas, berisi banyak fitur, terstruktur dengan baik dan mudah dipelajari. Borland Pascal v7.0 termasuk sebuah implementasi dari Object-Berorientasi pemrograman (mirip dengan C++).

1968 Intel didirikan oleh Robert Noyce dan beberapa teman.

1.968 bahasa pemrograman LOGO yang dikembangkan oleh Seymour Papert dan tim di MIT.

1968 "Tapi apa ... itu baik untuk?" Insinyur di Divisi Advanced Computing Systems IBM mengomentari microchip.

1969 ARPANET Dimulai oleh Departemen Pertahanan AS untuk penelitian ke jaringan. Ini adalah dasar asli untuk apa sekarang membentuk Internet. Itu dibuka untuk pengguna non-militer kemudian di tahun 1970 dan banyak universitas dan bisnis besar pergi on-line. US Wakil Presiden Al-Gore adalah orang pertama yang menyebutnya superhighway Informasi.

1969 - 7 April RFC pertama, RFC0001 diterbitkan. RFC (kelompok kerja jaringan, Request For Comment) adalah serangkaian kertas yang digunakan untuk mengembangkan dan menentukan protokol untuk jaringan, awalnya dasar untuk ARPANET sekarang ada ribuan dari mereka yang berlaku untuk semua aspek internet. Secara kolektif mereka mendokumentasikan segala sesuatu tentang cara internet dan komputer di atasnya harus bersikap, apakah jaringan TCP / IP atau bagaimana header email harus ditulis akan ada satu set RFC menggambarkannya.

1969 Pengenalan RS-232 (serial interface) standar oleh EIA (Electronic Industries Association).
1970 RAM Pertama chip yang diperkenalkan oleh Intel. Ini dipanggil untuk 1103 dan memiliki kapasitas 1 K-bit, 1024 bit.

1970 Pengembangan sistem operasi UNIX dimulai. Ia kemudian dirilis sebagai kode sumber C untuk membantu portabilitas, dan kemudian versi yang diperoleh untuk banyak komputer yang berbeda, termasuk PC IBM. Ini dan klon nya (seperti Linux) masih banyak digunakan pada jaringan Internet dan server. Awalnya dikembangkan oleh Ken Thomson dan Dennis Ritchie.
Bahasa 1970 Forth 'pemrograman yang dikembangkan.

1970 - Juni Steve Geller, Ray Holt dan tim dari AiResearch dan Amerika Microsystems menyelesaikan pengembangan prosesor data penerbangan untuk F14A Angkatan Laut AS `Tomcat 'jet tempur. Prosesor ini menggunakan chip LSI untuk menghasilkan cepat dan kuat komputer diprogram yang dipasang ke dalam batasan ruang yang sangat ketat dari pesawat.

1971 - 15 November mikroprosesor Pertama, 4004, dikembangkan oleh Markianus E. Hoff untuk Intel, dirilis. Ini berisi setara dengan 2300 transistor dan prosesor 4 bit. Hal ini mampu sekitar 60.000 Interaksi per detik (0,06 MIPs), berjalan pada tingkat clock 108KHz.

1971 Pengembangan PASCAL selesai - lihat 1967.

1972 Atari mendirikan (sebagai Syzygy) oleh Nolan Bushnell, yang merancang pong (lihat juga 1972)

1972 Pong dirilis - secara luas diakui sebagai yang pertama video game arcade populer. Hal ini ditemukan oleh pendiri Atari, Nolan Bushnell, dan secara singkat menjadi cukup populer. Namun kurangnya kegembiraan atau variasi berarti tidak pernah terpikat pemain seperti Space Invaders (1978) atau permainan arcade lainnya dari tahun 1980-an.

1972 Komputer dibangun setelah 1972 sering disebut komputer 'generasi keempat', berdasarkan LSI (Large Scale Integration) dari sirkuit (seperti mikroprosesor) - biasanya 500 atau lebih komponen pada sebuah chip. Kemudian perkembangan termasuk VLSI (Very Large Scale Integration) dari sirkuit terpadu 5 tahun kemudian - biasanya 10.000 komponen. Sirkuit modern sekarang mungkin berisi jutaan komponen. Hal ini telah menyebabkan komputer sangat kecil, namun sangat kuat. Generasi keempat umumnya dipandang sebagai menjalankan hak sampai sekarang, karena meskipun daya komputasi telah meningkatkan teknologi dasar tetap hampir sama. Pada akhir 1990-an banyak orang mulai menduga bahwa teknologi ini mencapai batas, miniaturisasi lebih lanjut hanya bisa mencapai begitu banyak. 64 megabit RAM chip memiliki sirkuit begitu kecil sehingga dapat diukur dalam atom, sirkuit ini kecil menimbulkan banyak masalah teknis - khususnya panas diciptakan tetapi mereka juga sangat rentan terhadap pengaruh oleh suhu atau radiasi. Telah dikemukakan komputer generasi kelima didasarkan pada pemrosesan paralel dan integrasi VLSI - tapi masih sedang dikembangkan dan aku akan waspada menulis buku-buku sejarah sampai sejarah telah benar-benar terjadi! Selain komputer harus paralel secara besar-besaran sebelum mereka memberikan keuntungan yang cukup signifikan untuk warrent generasi baru komputasi.

1972 Bahasa pemrograman C dikembangkan di The Bell Laboratories di Amerika Serikat oleh Dennis Ritche (salah satu penemu dari sistem operasi UNIX), pendahulunya adalah bahasa pemrograman B - juga dari The Bell Laboratories. Ini adalah bahasa yang sangat populer, terutama untuk pemrograman sistem - seperti yang fleksibel dan cepat. C + +, memungkinkan untuk Object-Berorientasi Pemrograman, diperkenalkan pada awal 1980-an.

1972 Pertama Handheld kalkulator ilmiah dirilis oleh Hewlett-Packard, aturan geser insinyur adalah pada usang terakhir.

1972 - 1 April 8008 Processor dirilis oleh Intel.

1972 koneksi internasional pertama ARPANET ditetapkan. ARPANET kemudian menjadi dasar untuk apa yang sekarang kita sebut internet.

1973 Prolog dikembangkan di University of Luminy-Marseilles di Prancis oleh Alain Colmerauer. Hal ini sering digunakan untuk pemrograman AI.

1973 Ethernet dikembangkan, ini menjadi cara yang populer vero menghubungkan PC dan komputer lain bersama-sama - untuk memungkinkan mereka untuk berbagi data, dan perangkat seperti printer. Sekelompok mesin yang terkoneksi bersama-sama dengan cara ini dikenal sebagai LAN.

1974 CLIP-4, komputer pertama dengan arsitektur paralel.

1974 - 1 April 8080 Pengenalan An 8 Bit Microprocessor dari Intel..

1974 - Desember MITS Altair 8800, komputer pribadi pertama akan tersedia dirilis secara komersial, oleh Micro Instrumentation Telemetry Systems. Pada Desember 1974 sebuah artikel di 'Popular Electronics' mengundang orang untuk memesan kit untuk komputer, berdasarkan pada Intel 8080 harganya hanya $ 397 masing-masing dan meskipun memori yang terbatas (256 byte) dan kekuatan pemrosesan terbatas sekitar 200 diperintahkan pada hari pertama .

1975 pelaksanaan Pertama BASIC oleh Bill Gates dan Paul Allen, itu ditulis untuk MITS Altair - komputer pribadi pertama - hal ini menyebabkan pembentukan Microsoft akhir tahun ini.

1975 Unix dipasarkan (lihat 1970).

1975 Pembentukan Microsoft oleh Bill Gates dan Paul Allen. Sekarang ini adalah salah satu perusahaan komputasi paling kuat dan berhasil, perbaikan yang berbeda pada perusahaan asli pasangan itu, Traf-O-Data, yang membuat counter mobil untuk departemen jalan raya. Hanya dalam 3 tahun itu mencapai pendapatan sebesar $ 500.000 dan mempekerjakan 15 orang. Pada tahun 1992 ini meningkat menjadi pendapatan 2,8 miliar (50% dari yang berasal dari ekspor), dan lebih dari 10.000 karyawan - suatu prestasi yang fantastis untuk sebuah perusahaan berusia kurang dari 20 tahun. Microsoft istirahat besar adalah ketika mereka diminta untuk menulis sistem operasi untuk PC IBM, dirilis pada tahun 1981. Meskipun secara finansial tidak besar seperti IBM, Microsoft memiliki sejumlah besar pengaruh dalam Industri Computing.

1975 IBM 5100 dirilis.

1976 Apple Computer, Inc didirikan, ke Pasar Apple I komputer. Dirancang oleh Stephen Wozniak dan Jobs Stephen.

1976 laser printer Pertama kali diperkenalkan oleh IBM -. IBM 3800 Versi warna pertama datang ke pasar pada tahun 1988.

1976? Pengenalan 8085.

1.976 Z80 dirilis oleh Zilog, dan dasar untuk boom komputer pada awal tahun 1980. Itu adalah 8 bit mikroprosesor. CP / M ditulis untuk Z80 serta perangkat lunak seperti WordStar dan dBase II - dan itu membentuk dasar untuk Spectrum Sinclair 1982.

1976 6502, 8 bit mikroprosesor dikembangkan dan kemudian dipilih untuk melengkapi komputer Apple II. Juga dipasang di mesin Acorn asli, BBC Micro, Commodore 64 dan Commodore PET.

1976 Cray 1, yang pertama dikembangkan secara komersial Supercomputer, itu berisi 200.000 sirkuit terpadu dan freon didinginkan. Ini bisa melakukan 150 juta operasi floating point per detik - sekarang berdasarkan suatu pengukuran informal Superkomputer kekuasaan, pada pertengahan 1990-an ini telah mencapai 1000 - mark 'cray'! Superkomputer juga diukur dengan jumlah operasi floating point yang bisa mereka lakukan dalam satu detik, tetapi angka ini bisa menyesatkan sebagai definisi dari operasi floating point ini terbuka untuk perdebatan - tetapi operasi ini jauh lebih rumit daripada operasi integer biasanya ditangani oleh Microcomputers. Pada tahun 1992 Komputer tercepat adalah Cray-2, yang dapat melakukan sekitar 250 juta operasi floating point per detik. Cray terus mengembangkan komputer bahkan lebih kuat, seperti Cray Y-MP/832.
Super komputer tersebut digunakan untuk peramalan cuaca, matematika kompleks dan masalah fisika, dan animasi dalam film modern.

1976 Whitfield Diffie dan Martin Hellman diterbitkan terkenal 'pertukaran kunci' algoritma mereka dalam sebuah artikel berjudul "New Directions in Cryptography". Algoritma ini adalah algoritma yang diterbitkan pertama yang memungkinkan dua pihak, berkomunikasi hanya melalui media yang tidak aman, untuk menyepakati sebuah rahasia bahwa mereka berdua tahu tapi yang orang evesdropping komunikasi mereka tidak bisa menemukan. Rahasia ini kemudian dapat digunakan sebagai kunci untuk komunikasi lebih lanjut aman. Hal ini secara luas dianggap sebagai awal dari kriptografi kunci publik, karena sampai publikasi banyak dianggap komunikasi yang aman dalam cara ini sebagai mustahil.
Diffie-Hellman Key Exchange tidak menyediakan mekanisme untuk mengotentikasi pihak lain dalam komunikasi, dan begitu juga rentan terhadap "manusia di tengah" serangan - satu di mana pihak ketiga dapat memodifikasi komunikasi antara kedua belah pihak. RSA, yang diterbitkan pada tahun 1977, memberikan solusi untuk masalah ini.

1977 "Tidak ada alasan ada orang yang mau komputer di rumah mereka." Ken Olson, presiden, ketua dan pendiri Digital Equipment Corp.

1977 Rivest, Adi Shamir dan Len Adleman (nama keluarga mereka membuat 'RSA') menggambarkan sebuah algoritma asimetris untuk kriptografi kunci publik. Algoritma ini banyak digunakan untuk mengenkripsi lalu lintas di internet modern. Kekuatannya berasal dari keyakinan bahwa tidak ada algoritma yang efisien untuk menemukan faktor-faktor integer jumlah besar.
Perlu dicatat bahwa algorith serupa dirancang oleh Clifford Cocks pada tahun 1973, saat bekerja untuk layanan kecerdasan Inggris di GCHQ. Penemuan ini, bagaimanapun, diklasifikasikan dan tidak dirilis sampai 1997 - yang pada saat RSA telah tertanam kuat dirinya menjadi sejarah.

1977 komputer historis Arpanet telah dikomunikasikan melalui 'Control Network Protocol' tetapi protokol ini adalah tidak memadai dan memiliki masalah serius, terutama ketika berhadapan dengan jaringan sibuk. TCP pertama kali dijelaskan dalam kertas oleh Bob Kahn (dari Standford) dan Vinton Cerf (dari DARPA) pada tahun 1974. Pada tahun 1978 header IP memisahkan diri dari TCP, yang memungkinkan router jaringan untuk menangani hanya (lebih sederhana) protokol IP. Pada 1 Januari 1983 internet didefinisikan sebagai kumpulan komputer berkomunikasi melalui TCP / IP.

1977 - Mei komputer Apple II diperkenalkan.

1978 - 8 Juni Pengenalan 8086 oleh Intel, yang sukses secara komersial prosesor 16 bit pertama. Itu terlalu mahal untuk diterapkan di komputer awal, sehingga versi 8 bit dikembangkan (8088), yang dipilih oleh IBM untuk pertama IBM PC. Ini memastikan keberhasilan dari keluarga prosesor x86 yang berhasil 8086 karena mereka dan klon mereka digunakan dalam setiap komputer yang kompatibel IBM PC.
Frekuensi jam yang tersedia adalah 4,77, 8 dan 10 MHz. Ini memiliki set instruksi sekitar 300 operasi. Pada pengenalan prosesor tercepat adalah versi 8 MHz yang mencapai 0,8 MIPs dan berisi 29.000 transistor.
1978 Arcade permainan video 'Space Invaders' dirilis, mulai menggila video game yang terus sejak itu. Pada tahun 1979 Atari Asteroids terbukti sangat populer - satu peningkatan menyolok Space Invaders adalah bahwa hal itu memungkinkan para pemain untuk merekam hi-skor, bagi pemain lain untuk menghabiskan berjam-jam mencoba untuk mengalahkan. Pada tahun 1982 banyak dari 'klasik' telah dirilis, bek dan pac-man, untuk beberapa nama. Industri ini bernilai $ 5 miliar per tahun - lebih dari industri film AS. Meskipun Pong, tahun 1973, dan game serupa telah ada selama beberapa tahun tidak ada yang benar-benar cukup menarik untuk menangkap publik - Space Invaders, bagaimanapun, memiliki segalanya, dalam permainan aksi cepat yang diadu Anda melawan komputer.

1979 Bahasa Ada diperkenalkan oleh Jean Ichbiah dan tim di Honeywell.

1979 - 1 Juni Pengenalan 8088, langkah turun dari 8086 karena mengandung hanya sebuah bus data 8 bit - tapi ini membuatnya lebih murah untuk diimplementasikan di komputer.

1979 Commodore PET dirilis. Berdasarkan 6502 prosesor 1 MHz itu ditampilkan teks monokrom pada 9 "memantau dan baru saja 8 Kb RAM. Program yang diambil dari kaset audio. Priced 569. Untuk 776 Anda bisa membeli versi dengan 16 Kb RAM, sementara untuk 914 Anda bisa mendapatkan 32 Kb RAM.

1979 compact disk diciptakan.

1979 68000 Mikroprosesor diluncurkan oleh Motorola. Digunakan oleh Apple untuk Macintosh dan oleh Atari untuk seri ST. Kemudian versi prosesor termasuk 68020 digunakan dalam Macintosh II.

1979 IBM melihat dominasi pasar komputer yang dimakan ke dalam oleh komputer pribadi baru, seperti Apple dan Commodore PET. Oleh karena itu, IBM mulai bekerja pada P.C. mereka sendiri Komputer ini harus menjadi state-of-the-art mesin untuk bersaing, tetapi harus diproduksi sangat cepat karena pertumbuhan menakjubkan pesaing. Oleh karena itu diputuskan untuk menggunakan banyak bagian pihak ketiga untuk mengurangi waktu pengembangan, dan Microsoft yang ditugaskan untuk menulis Sistem Operasi (lihat Oktober 1980). Setelah selesai komputer ini dirilis sebagai PC IBM. pada 12 Agustus 1981
1980 "DOS alamat hanya 1 Megabyte RAM karena kita tidak bisa membayangkan aplikasi apapun yang membutuhkan lebih banyak." Microsoft pada pengembangan DOS.

1980 – Oktober Pengembangan MS-DOS/PC-DOS dimulai. Microsoft (dikenal terutama untuk bahasa pemrograman mereka) yang ditugaskan untuk menulis Sistem Operasi untuk PC, Digital Research gagal mendapatkan kontrak (ada banyak legenda untuk alasan nyata untuk ini). DR Operating System, CP/M-86 kemudian dikirim tapi itu sebenarnya lebih mudah untuk adaptor program CP / M yang lebih tua untuk DOS daripada CP/M-86, dan CP/M-86 biaya $ 495. Sebagai Microsoft tidak memiliki sistem operasi untuk menjual mereka membeli Seattle Computer Produk 86-DOS yang telah ditulis oleh Tim Paterson awal tahun itu (86-DOS juga dikenal sebagai Q-DOS, Cepat & Dirty Operating System, itu versi 16bit lebih-atau-kurang dari CP / M). Hak benar-benar dibeli pada bulan Juli 1981. Hal ini terkenal bahwa IBM ditemukan lebih dari 300 bug dalam kode ketika mereka menundukkan sistem operasi untuk pengujian mereka, dan re-menulis banyak kode.
Tim Paterson DOS 1.0 adalah 4000 baris assembler.

1980 - Awal Sinclair ZX80 dirilis untuk di bawah 100.

1981 – April The Xerox 8010 ('Star') System, sistem komersial pertama yang menggunakan WIMP (Windows, Icons, Menus dan Pointing Devices) antarmuka pengguna grafis - dari mana semua WIMP dan Windowing sistem modern telah berevolusi. Apple menggunakan konsep-konsep ini ketika merancang antarmuka untuk Apple Macintosh (lihat Januari 1984), dan kemudian menuduh bahwa Microsoft disalin mereka 'tampilan dan nuansa' ketika merancang Microsoft Windows.
The Xerox 'Bintang' adalah komersialisasi dari 'Alto', yang telah tersedia secara internal di dalam Xerox PARC sejak tahun 1973. Penjualan dari 'Star' yang mengerikan dan sistem dengan cepat jatuh ke dalam ketidakjelasan.

1981 "640K seharusnya cukup untuk siapa pun.", Bill Gates
1981 Sinclair ZX81 dirilis, untuk harga yang sama dengan ZX80 (lihat 1980).

1981? Pengenalan 80186/80188. Ini jarang digunakan pada PC saat mereka menggabungkan built in DMA dan chip timer - dan dengan demikian memiliki alamat mendaftar tidak kompatibel dengan PC IBM lainnya.
1981 - 12 Agustus IBM PC Diumumkan, model standar dijual seharga $ 2.880. Ini memiliki 64KB RAM, tampilan mono dan drive kaset adalah tambahan opsional. Dua 160Kb satu drive floppy sisi bisa ditambahkan. Mesin Keberhasilan ini terutama disebabkan oleh keterbukaan spesifikasi, siapa pun bisa menghasilkan bagian baru dan membaik atau model komputer - IBM PC asli biasanya memiliki prosesor INTEL, Tandon disk drive dan sistem operasi dari Microsoft. 100.000 perintah yang diambil oleh Natal. Yang pertama dijual di U.K. biaya 2080. Sebuah pilihan sistem operasi benar-benar tersedia, tetapi IBM / Microsoft 's PC-DOS adalah jauh yang termurah di $ 39,95.

1981 - 12 Agustus MDA (Mono Display Adapter, hanya teks) diperkenalkan dengan IBM PC.

1981 - 12 Agustus MS-DOS 1.0., PC-DOS 1.0.
Microsoft (dikenal terutama untuk bahasa pemrograman mereka) yang ditugaskan oleh IBM untuk menulis sistem operasi, mereka membeli sebuah program yang disebut 86-DOS dari Tim Paterson yang longgar didasarkan pada CP / M 80. Program akhir dari Microsoft dipasarkan oleh IBM sebagai PC-DOS dan Microsoft sebagai MS-DOS, kolaborasi pada versi berikutnya terus sampai versi 5.0 pada tahun 1991.
Dibandingkan dengan versi modern dari DOS versi 1 adalah sangat dasar, perbedaan yang paling menonjol adalah kehadiran hanya 1 direktori, direktori root, pada setiap disk. Subdirektori tidak didukung sampai versi 2.0 (Maret, 1983).
MS-DOS (dan PC-DOS) adalah sistem operasi utama untuk semua PC IBM-kompatibel komputer sampai 1995 ketika Windows '95 mulai mengambil alih pasar, dan Microsoft berbalik pada MS-DOS (meninggalkan MS-DOS 6.22 dari 1993 sebagai versi terakhir yang ditulis - meskipun DOS Shell pada Windows '95 menyebut dirinya MS-DOS versi 7.0, dan memiliki beberapa fitur yang ditingkatkan seperti dukungan nama file panjang). Menurut Microsoft, pada tahun 1994, MS-DOS berjalan pada beberapa 100 juta komputer di seluruh dunia.

1981 Pacman ditulis. Awalnya itu akan disebut Puckman, tapi nama itu diubah untuk mengurangi kerusakan yang bisa dilakukan dengan mengubah P ke F dengan spidol hitam.

1982 Pengenalan BBC Micro. Berdasarkan prosesor 6502 itu adalah komputer yang sangat populer bagi sekolah-sekolah Inggris sampai dengan perkembangan Acorn Archimedes (tahun 1987). Pada tahun 1984 pemerintah menawarkan untuk membayar setengah biaya komputer tersebut dalam upaya untuk mempromosikan penggunaannya dalam pendidikan menengah.

1982 - Januari Commodore 64 dirilis, biaya hanya $ 595.

1982 - 1 Februari 80286 Dirilis. Mendukung frekuensi clock hingga 20 MHz dan menerapkan modus baru operasi, modus dilindungi -. Memungkinkan akses ke lebih banyak memori (hingga 16 Mbytes dibandingkan dengan 1 MB untuk 8086 The ruang alamat virtual dapat tampaknya hingga 1 GB melalui penggunaan memori virtual). Ini mencakup instruksi diperpanjang ditetapkan untuk mengatasi modus baru operasi ini.
Pada pengenalan versi tercepat berlari pada 12,5 MHz, mencapai 2,7 MIPs dan berisi 134.000 transistor.

1982 Compaq merilis PC IBM kompatibel mereka Compaq Portabel.

1982 MIDI, Musical Instrument Digital Interface, (diucapkan "kadet") yang diterbitkan oleh Asosiasi MIDI International (IMA). Standar MIDI memungkinkan komputer untuk dihubungkan ke instrumen seperti keyboard.

1982 Buku Merah pada Audio CD diperkenalkan oleh Sony dan Phillips. Ini adalah awal dari Compact Disk, itu dirilis di Jepang dan kemudian di Eropa dan Amerika setahun kemudian.

1982 - Maret MS-DOS 1.25, PC-DOS 1.1

1982 - April The Sinclair ZX Spectrum diumumkan, dirilis akhir tahun ini. Hal ini didasarkan pada chip Z80 dari Zilog, itu berlari sebesar 3,5 MHz dan memiliki layar 8 grafis berwarna. Anda bisa dengan versi Kb 16 untuk 125 atau versi Kb 48 untuk 175 - harga yang luar biasa jika dibandingkan dengan PC 1000 + IBM.

1982 - Mei IBM meluncurkan dua sisi 320K floppy disk drive.

1982 - IBM Desember membeli 12% dari Intel.

1983 - 1 Januari TCP / IP menjadi protokol resmi ARPANET (yang menjadi internet). TCP / IP masih membentuk dasar dari Internet saat ini.

1983 - Januari IBM PC akan meluncurkan Eropa di Yang Computer Show.

1983 - Januari Apple mengumumkan 'LISA' komputer mereka di bulan Januari, yang akan dirilis pada bulan Juni. The LISA adalah salah satu komputer pertama yang dijual dengan GUI (antarmuka pengguna grafis), namun itu tidak laku. Masalah utama adalah harga 10 ribu dolar dan antarmuka lambat - sistem operasi berbasis GUI berjuang pada 5 MHz CPU. GUI ini didasarkan pada ide-ide yang diperoleh oleh Steve Jobs yang melihat Alto saat mengunjungi Xerox PARC.

1983 Borland Dibentuk.

1983 - Musim Semi IBM XT dirilis, itu dilengkapi dengan 8086 (yang bisa diganti dengan NEC V20 atau V30) dan memiliki ruang untuk 8087 matematika co-processor yang akan diinstal. Hal ini juga memiliki hard disk 10Mb, 128K RAM, satu drive floppy, mono monitor dan printer, semua seharga $ 5000.

1983 - Maret MS-DOS 2.0, PC-DOS 2.0
Diperkenalkan dengan IBM XT versi ini termasuk hirarki struktur sub-direktori gaya UNIX, dan mengubah cara di mana program dapat memuat dan mengakses file pada disk.

1983 - May MS-DOS 2.01

1983 - Oktober IBM merilis PC SMP dalam upaya untuk mendapatkan lebih lanjut ke pasar rumah, harganya hanya $ 699. Alternatif yang lebih murah dari perusahaan lain yang lebih disukai untuk pembeli rumah, tapi usaha terus membeli IBM. Namun ini berarti bahwa PC Jr tidak sukses besar.

1983 - Oktober PC-DOS 2.1 (untuk PC Jr). Seperti PC Jr ini tidak sukses besar dan cepat menghilang dari pasar.

1983 - Oktober MS-DOS 2.11

1984 DNS (Domain Name Server) diperkenalkan ke Internet, yang kemudian terdiri dari sekitar 1000 host.
1984 Turbo Pascal Diperkenalkan oleh Borland (lihat PASCAL, 1967).

1984 Hewlett-Packard merilis LaserJet printer sangat populer, pada tahun 1993 mereka telah menjual lebih dari 10 juta printer Laserjet dan lebih dari 20 juta printer secara keseluruhan. HP juga merintis teknologi inkjet.

1984 - Januari Apple Macintosh Dirilis. Berdasarkan versi 8 MHz dari prosesor Motorola 68000. 68000 dapat mengatasi 16 Mb RAM, perbaikan yang nyata atas 8088/8086 keluarga Intel. Apple mencapai 0,7 MIPs dan awalnya datang dengan hanya 128Kb RAM. Itu dilengkapi dengan adapter video monokrom.
1984 IBM AT dirilis. Ini menggabungkan yang lebih besar (16-bit) bus untuk slot ekspansi. Sayangnya itu tidak baik ditentukan, standar ISA akhirnya dibuat (tahun 1991) untuk mengatasi hal ini - tapi tidak sampai beberapa ATS telah diproduksi dengan bus yang berjalan jauh lebih cepat pada 8,33 MHz ditetapkan dalam standar ISA. Beberapa AT sistem yang kompatibel dirancang sebelum standar diperkenalkan berlari bus sebesar 12,5 MHz yang menyebabkan beberapa kartu ekspansi untuk menjalankan panas, karena itu menjadi kurang efisien dan lebih lambat karena itu akhirnya 'tersandung' dan keras menabrak komputer.
1984 - Agustus MS-DOS 3.0, PC-DOS 3.0 Dirilis untuk IBM AT, itu didukung hard disk yang lebih besar serta High Density (1,2 MB) 5 "floppy disk.

1984 - September Apple merilis versi 512KB dari Macintosh - tetapi tidak ada peningkatan besar lainnya atas asli (lihat Januari 1984).

1984 - Oktober Sinclair ZX Spectrum + dirilis. Spesifikasi yang mirip dengan versi 48 Kb dari ZX asli (lihat April 1982) biaya 179.

1984 - Akhir Compaq memulai pengembangan interface IDE (lihat juga 1989). IDE = Cerdas Drive Electronics. Standar ini dirancang khusus untuk PC IBM dan dapat mencapai kecepatan transfer data yang tinggi melalui faktor interleave 01:01 dan caching oleh disk controller sebenarnya - kemacetan sering bus AT tua dan drive dapat membaca data jauh lebih cepat daripada bus bisa menerimanya, sehingga cache yang digunakan sebagai penyangga. Secara teoritis 1MB / s mungkin tapi 700KB / s mungkin lebih khas drive tersebut. Standar ini telah diadopsi oleh banyak model lain dari komputer, seperti yang Acorn Archimedes A4000 dan di atas. Sebuah perbaikan kemudian adalah EIDE, ditetapkan pada tahun 1989, yang juga dihapus ukuran drive maksimum 528MB dan peningkatan kecepatan transfer data.

1985 - Januari Postscript diperkenalkan oleh Adobe Systems, yang digunakan dalam printer Apple LaserWriter. Diadopsi oleh IBM untuk digunakan mereka pada bulan Maret 1987.

1985 Tetris ditulis oleh Rusia Alexey Pazhitnov. . Ia kemudian dirilis untuk berbagai mesin game barat, permata di mahkota yang dimasukkan dengan Nintendo Game Boy pada tahun 1989 Alexey dibuat apa-apa dari permainan, karena di bawah Rezim Komunis itu dimiliki oleh orang - meskipun setelah runtuhnya Komunisme dia bisa pindah ke Amerika Serikat di mana ia sekarang bekerja untuk Microsoft.

1985 CD-ROM, ditemukan oleh Phillips, diproduksi bekerja sama dengan Sony.

1985 EGA dirilis.

1985 - Maret MS-DOS 3.1, PC-DOS 3.1
Ini adalah versi pertama DOS untuk memberikan dukungan jaringan, dan menyediakan beberapa fungsi baru untuk menangani jaringan.

1985 -. Mei Sinclair ZX Spectrum 128 mengumumkan, dirilis pada Februari 1986 Lihat Februari 1986.

1985 - 23 Juli The Commodore Amiga (kemudian dikenal sebagai Amiga 1000) diumumkan, meskipun tidak dirilis sampai September. Amiga memiliki sejarah yang bergejolak, tanpa aliran pendapatan yang nyata untuk mendukung perkembangan mereka. Setelah periode wranglings hukum dengan Atari, Amiga dibeli oleh Commodore. Produk mereka itu akhirnya selesai dan dibawa ke pasar di bawah nama 'Commodore Amiga'. Sistem ini biaya 1500, harga tinggi pada saat itu (sebanding dengan mahal Apple Macintosh). Anda mendapatkan apa yang Anda bayar untuk meskipun, itu mesin mengesankan untuk era. Ini fitur antarmuka pengguna grafis warna, prosesor 16 bit, TV output dan 256 ribu dari RAM. Ini juga termasuk 'bit-blitter' untuk memindahkan data grafis tanpa tieing up CPU utama.

Pada tahun 1987 Amiga 1000 diikuti dengan semakin tinggi spesifikasi A2000, dan A500 yang lebih murah. Itu adalah A500 yang benar-benar mendorong ke depan merek Amiga, didorong oleh pengembangan berbagai game untuk platform (dan merugikan Atari ST yang sampai A500, adalah pilihan populer di kalangan gamer).

1985 - 17 Oktober 80386 DX dirilis. Mendukung frekuensi clock hingga 33 MHz dan dapat mengatasi hingga 4 GB memori dan memori virtual hingga 64 terabyte! Ini juga termasuk instruksi set yang lebih besar dari 80286.
Pada tanggal rilis versi tercepat berlari pada 20 MHz dan mencapai 6.0 MIPs. Isinya 275.000 transistor.
1985 - Versi Oktober 2,25 termasuk dukungan untuk karakter asing set, dan dipasarkan di Timur Jauh.

1985 - November Microsoft Windows Diluncurkan. Tidak benar-benar banyak digunakan sampai versi 3, dirilis pada tahun 1990, Windows diperlukan DOS untuk menjalankan dan begitu juga bukan sistem operasi lengkap (sampai Windows '95, dirilis pada 21 Agustus, 1995). Ini hanya memberikan G.U.I. mirip dengan Macintosh., pada kenyataannya begitu mirip bahwa Apple mencoba untuk menuntut Microsoft untuk menyalin 'tampilan dan nuansa' dari sistem operasi mereka. Kasus pengadilan ini tidak dijatuhkan sampai Agustus 1997.

1985 - Desember MS-DOS 3.2, PC-DOS 3.2 Versi ini adalah yang pertama untuk mendukung disk 3 ", meskipun hanya yang 720KB. Versi 3.2 masih versi standar sampai tahun 1987 ketika versi 3.3 dirilis dengan IBM PS / 2.

1985 - Akhir LIM EMS (standar memori) diperkenalkan oleh Lotus, Intel dan Microsoft. Versi pertama diperkenalkan adalah versi 3.2!

1986 - Januari Apple merilis versi lain disempurnakan Macintosh (Macintosh Plus) - yang satu ini bisa mengatasi dengan 4 Mb RAM dan memiliki adapter SCSI.

1986 - Februari Sinclair ZX Spectrum 128 dirilis. Itu 128 Kb RAM, tapi sedikit perbaikan lainnya selama ZX asli (kecuali kemampuan suara ditingkatkan). Kemudian model yang diproduksi oleh Amstrad - tetapi mereka tidak menunjukkan kemajuan besar dalam teknologi.
1986 - April Apple merilis versi lain dari Macintosh (Macintosh 512Ke) yang pada dasarnya sama dengan 512K September 1984.

1986 - September Amstrad Diumumkan Amstrad PC 1512, PC yang murah dan kuat. Biaya hanya di bawah 1000, itu termasuk sedikit ditingkatkan CGA adaptor grafis, 512Kb RAM (upgradable untuk 640Kb), 8086 (upgradable ke NEC V30) dan harddisk 20MB (opsional). Amstrad telah sukses sebelumnya dengan PCW. Untuk memastikan komputer dapat diakses mereka memastikan manual bisa dibaca oleh semua orang, dan juga termasuk GEM Desktop DR itu (sistem WIMP) dan mouse untuk mencoba membuat mesin lebih user friendly. Itu dijual di banyak toko-toko jalan tinggi dan sukses lengkap, dibeli oleh Bisnis dan Home pengguna sama. N.B. Ini adalah pertama Depan komputer penulis keluarga, dengan sebuah monitor monokrom dan harddisk harganya hanya di bawah 1000.

1987? Pengenalan Acorn Archimedes.

1987 Connection Machine, sebuah superkomputer menarik yang bukan integrasi sirkuit beroperasi hingga 64.000 mikroprosesor cukup biasa - menggunakan arsitektur paralel - pada saat yang sama, dalam bentuk yang paling kuat yang dapat dilakukan di suatu tempat di wilayah 2 miliar operasi per detik.

1987 Microsoft Windows 2 dirilis. Itu lebih populer daripada versi asli tapi itu tidak ada pikiran yang istimewa Anda, Windows 3 (lihat 1990) adalah versi pertama yang benar-benar berguna.
Algoritma Kompresi 1987 Fractal Gambar dihitung dengan matematikawan Inggris Michael F. Barnsley, memungkinkan gambar digital yang akan dikompresi dan disimpan menggunakan kode fraktal daripada data citra normal. Dalam teori ini memungkinkan penyimpanan lebih efisien gambar.

1987 - 2 Maret Macintosh II & Macintosh SE dirilis. SE masih didasarkan pada 68000, namun bisa mengatasi dengan 4 Mb RAM dan memiliki adapter SCSI, spesifikasi mirip dengan Macintosh Plus Januari 1986.
The Macintosh II didasarkan pada Motorola baru 68020, yang berlari pada 16 MHz dan mencapai jauh lebih terhormat 2,6 MIPS (sebanding dengan 80286). Ini juga memiliki adapter SCSI tetapi juga dilengkapi dengan adaptor video berwarna.

1987 - April 2 PS / 2 Sistem diperkenalkan oleh IBM. Model pertama yang dirilis pada tanggal ini. The PS / 2 Model 30 didasarkan pada prosesor 8086 dan bus XT tua, Model 50 dan 60 didasarkan pada prosesor 80286 dan Model 80 didasarkan pada prosesor 80386. Ini menggunakan 3 1/2 "'microfloppies', menyimpan 1.44Mb pada masing-masing (meskipun Model 30 hanya bisa menggunakan kepadatan 720Kb rendah). Sistem ini (kecuali Model 30) termasuk bus benar-benar baru, MCA (Micro Channel Arsitektur) bus, yang tidak populer karena tidak memberikan dukungan untuk gaya lama 16-Bit AT kartu ekspansi bus. Bus MCA memang menunjukkan banyak perbaikan dalam desain dan kecepatan melalui bus ISA kebanyakan PC yang digunakan, dan IBM (jika tidak ada orang lain) masih menggunakannya di beberapa mesin mereka The PS / 2 seri yang sangat sukses -. menjual lebih dari 2 juta mesin dalam waktu kurang dari 2 tahun.

1987 VGA dirilis (dirancang untuk PS / 2) oleh IBM.

1987 MCGA dirilis (hanya untuk PS/2s low end, yaitu Model 30) oleh IBM.

1987 8514 / A diperkenalkan oleh IBM. Ini adalah kartu grafis yang termasuk prosesor sendiri untuk mempercepat gambar benda umum, untuk mengambil beban CPU utama lain yang patut.

1987 - April MS-DOS 3.3, PC-DOS 3.3
Dirilis dengan IBM PS / 2 versi ini termasuk dukungan untuk High Density (1,44 MB) 3 "disk. Hal ini juga didukung partisi hard disk, hard disk membelah menjadi 2 atau lebih logis drive.

1987 - April OS / 2 Diluncurkan oleh Microsoft dan IBM. Sebuah tambahan kemudian, OS / 2 Warp memberikan banyak perangkat tambahan 32-bit membual oleh Windows '95 - tetapi beberapa tahun sebelumnya, namun produk gagal mendominasi pasar dengan cara Windows '95 lakukan 8 tahun kemudian.

1987 – Agustus AD-LIB soundcard dirilis. Tidak banyak didukung sampai sebuah perusahaan software, Taito, merilis beberapa game sepenuhnya mendukung AD-LIB - kata kemudian menyebar berapa banyak efek suara khusus dan musik meningkatkan permainan.
Adlib, sebuah Perusahaan Kanada, memiliki monopoli virtual sampai 1989 ketika kartu SoundBlaster dirilis.
1987 - Oktober / November Compaq DOS (CPQ-DOS) v3.31 dirilis untuk mengatasi partisi disk> 32MB. Digunakan oleh beberapa OEM lain, namun tidak didistribusikan oleh Microsoft.

1987 - Akhir LIM EMS v4.0

1988 Chip Pertama optik dikembangkan, menggunakan cahaya, bukan listrik untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan.

1988 XMS (standar memori) diperkenalkan.

1988 EISA Bus standar diperkenalkan.

1988 WORM (Write Setelah Baca Banyak kali) - disk dipasarkan untuk pertama kalinya oleh IBM.

1988 - 16 Juni 80386 SX dirilis sebagai alternatif untuk 80386 DX lebih murah. Itu sempit (16 bit) waktu bus multiplexing. Penurunan pin, dan integrasi yang lebih mudah dengan perangkat 16 bit membuat penghematan biaya.

1988 - Juli / Agustus? PC-DOS 4.0, MS-DOS 4.0 Versi 3.4 - 4.x yang membingungkan karena kurangnya korelasi antara IBM & Microsoft dan juga USA & Eropa. Beberapa 'internal Gunakan hanya' versi juga diproduksi.
Versi ini tercermin peningkatan kemampuan perangkat keras, itu didukung hard drive lebih besar dari 32 MB (hingga 2 GB) dan juga memori EMS.
Versi ini tidak benar diuji dan bug dikendarai, menyebabkan sistem crash dan kehilangan data. Rilis asli IBM, tapi Microsoft versi 4.0 (bulan Oktober) tidak lebih baik dan versi 4.01 dirilis (bulan November) untuk memperbaiki hal ini, maka versi 4.01a (pada bulan April 1989) sebagai perbaikan lebih lanjut. Namun banyak orang tidak bisa mempercayai hal ini dan kembali ke versi 3.3 sementara mereka menunggu lengkap menulis ulang (versi 5 - 3 tahun kemudian). S Beta Microsoft versi 4.0 rupanya dikirim sedini '86 & '87.
1988 - September IBM PS / 2 Model 30 286 dirilis, berdasarkan prosesor 80286 dan bus AT tua - IBM meninggalkan bus MCA, dirilis kurang dari 18 bulan sebelumnya! Mesin IBM lainnya terus menggunakan bus MCA.

1988 - Komite Oktober Umum Metode Akses (CAM) dibentuk. Mereka menerbitkan standar ATA pada 1 April 1989 (disk IDE / ATA telah sekitar untuk sementara waktu tetapi tidak standar sebelumnya), bersama dengan perangkat tambahan untuk memungkinkan untuk disk yang lebih besar yang sebelumnya.

1988 - Oktober Macintosh IIx dirilis. Hal ini didasarkan pada prosesor baru, Motorola 68030. Masih berlari pada 16 MHz tetapi sekarang mencapai 3,9 MIPS. Sekarang bisa mengatasi dengan 128 MB RAM.

1988 - November MS-DOS 4.01, PC-DOS 4.01 Ini dikoreksi banyak bug terlihat pada versi 4.0, tetapi banyak pengguna hanya beralih kembali ke versi 3.3 dan menunggu untuk benar ditulis ulang dan sepenuhnya diuji versi -. Yang tidak datang sampai versi 5 pada bulan Juni 1991 Dukungan untuk partisi disk> 32Mb .

1989 World Wide Web, diciptakan oleh Tim Berners-Lee yang melihat perlunya pertukaran informasi global yang akan memungkinkan fisikawan untuk berkolaborasi dalam penelitian (dia bekerja di CERN, European Particle Physics Laboratory di Swiss, pada saat itu). Web ini merupakan hasil dari integrasi hypertext dan Internet.Halaman-halaman hyperlink tidak hanya memberikan informasi tetapi memberikan akses transparan ke fasilitas internet yang lebih tua seperti ftp, telnet, Gopher, WAIS dan USENET. Ia dianugerahi Institut Fisika '1997 Duddell Medal atas kontribusinya ini untuk kemajuan pengetahuan. Web dimulai sebagai sebuah antarmuka teks saja, tetapi NCSA Mosaic kemudian disajikan antarmuka grafis untuk itu dan popularitasnya meledak karena menjadi diakses oleh pengguna pemula. Ledakan ini dimulai pada ernest selama tahun 1993, tahun di mana lalu lintas web melalui Internet meningkat sebesar 300.000%.

1989 CD-I dirilis oleh Phillips dan Sony.

1989 - Januari Macintosh SE/30 dirilis. Seperti SE Maret 1987 hanya memiliki adapter layar monokrom tetapi dilengkapi dengan prosesor yang lebih baru 68030.

1989 - 1 April Command set untuk E-IDE drive didefinisikan oleh CAM (dibentuk Oktober 1988). Ini mendukung drive lebih dari 528MB dalam ukuran. Pengendali awal sering dikenakan batas 2.1GB, kemudian 8.4GB yang. Pengendali baru mendukung kapasitas jauh lebih tinggi. Drive lebih besar dalam ukuran dari 2.1GB harus dipartisi di DOS karena struktur Drive (diatur dalam MS-DOS 4) yang digunakan oleh DOS dan bahkan Windows '95 mencegah partisi lebih besar dari 2.1GB. EIDE controller juga mendukung antarmuka ATAPI yang digunakan oleh sebagian besar CD-ROM drive yang diproduksi setelah diperkenalkan. Implementasi baru untuk EIDE, dirancang untuk bus PCI, dapat mencapai transfer data sampai dengan 16,67 MB / s. Sebuah tambahan kemudian, disebut UDMA, memungkinkan kecepatan transfer hingga 33,3 MB / s.

1989 - Maret Macintosh IIcx dirilis, dengan kemampuan dasar yang sama dari IIx.

1989 - 10 April 80486 DX dirilis oleh Intel. Ini berisi setara dengan sekitar 1,2 juta transistor. Pada saat rilis versi tercepat berlari pada 25 MHz dan mencapai hingga 20 MIPS.
Kemudian versi, seperti DX / 2 dan DX / 4 versi mencapai tingkat clock internal hingga 100 MHz.

1989 - September Macintosh IIci dirilis berdasarkan versi yang lebih cepat dari 68030 - sekarang berjalan pada 25 MHz, dan mencapai 6,3 MIPS. Macintosh juga merilis portable - yang kembali ke 68000 prosesor asli (tapi sekarang berlari di 16 MHz untuk mencapai 1,3 MIPs). Ini memiliki layar monokrom.

1989 - Rilis November Sound Blaster Card, oleh Creative Labs, keberhasilannya itu dipastikan dengan menjaga kompatibilitas dengan luas didukung AD-LIB soundcard 1987.

1990 Konsorsium kartu SVGA utama manufaktur (disebut Video Association Standard elektronik, VESA) dibentuk dan kemudian diperkenalkan VESA Standard SVGA.

1990 - Maret Macintosh IIfx dirilis. Berdasarkan versi 40 MHz dari 68.030 itu mencapai 10 MIPS. Hal ini juga menampilkan adapter SCSI lebih cepat, yang dapat mentransfer 3,0 Mb / detik.

1990 - 22 Mei Pengenalan Windows 3.0 oleh Bill Gates & Microsoft. Ini adalah benar multitasking (atau berpura-pura pada komputer kurang dari 80.386, dengan beroperasi di 'Real' mode) sistem. Ini dipertahankan kompatibilitas dengan MS-DOS, pada 80386 bahkan memungkinkan program tersebut untuk multitask - yang mereka tidak dirancang untuk melakukan. Ini menciptakan sebuah ancaman nyata terhadap Macintosh dan meskipun produk sejenis, IBM OS / 2, itu sangat sukses. Berbagai perbaikan dilakukan, versi 3.1, 3.11 - tapi langkah besar berikutnya tidak datang sampai Windows '95 pada tahun 1995 yang mengandalkan lebih berat pada fitur dari 80386 dan memberikan dukungan untuk aplikasi 32 bit.
1990 -. Oktober Macintosh Klasik dirilis, penggantian identik dengan Macintosh Plus Januari 1986 Juga datang Macintosh IISI yang menjalankan prosesor 68030 pada 20 MHz untuk mencapai 5,0 MIPs, dan juga video adapter 256 warna.

1990 - November Macintosh LC dirilis. Ini berlari prosesor 68020 di 16 MHz untuk mencapai 2,6 MIPs, itu memiliki adapter SCSI sedikit membaik dan adapter video 256 warna.

1990 - MPC November (PC Multimedia) Level 1 spesifikasi yang diterbitkan oleh dewan perusahaan termasuk Microsoft dan Creative Labs. Ini ditentukan standar minimum untuk Multimedia PC IBM. Tingkat MPC 1 spesifikasi awalnya diperlukan MHz PC 80286/12, tapi ini kemudian meningkat menjadi komputer 80386SX/16 MHz sebagai 80286 disadari tidak memadai. Hal ini juga diperlukan CD-ROM mampu 150 KB / sec (single speed) dan juga output CD Audio. Perusahaan dapat, setelah membayar biaya, menggunakan logo MPC pada produk mereka.

1990 - November spesifikasi ATA. proposal akhir diserahkan ke ANSI.

1991 Pengenalan standar ISA, meskipun itu hanya disebut bus AT sampai setelah standar bersaing diluncurkan yang perlu membedakan. Meskipun bus AT telah digunakan selama bertahun-tahun itu belum dibakukan dengan benar, menyebabkan segala macam masalah seperti PC baru clock bus dengan kecepatan yang lebih cepat.

1991 Borland mengambil alih Ashton-Tate Korporasi & program Dbase digunakan oleh banyak perusahaan dan individu.

1991 - 22 April 80486 SX dirilis sebagai alternatif yang lebih murah untuk 80.486 DX - perbedaan utama adalah kurangnya FPU terintegrasi.

1991 - May Pengenalan Sound Blaster Pro.

1991 - Juni MS-DOS 5.0, PC-DOS 5.0
Dalam rangka mempromosikan OS / 2 Bill Gates mengambil setiap kesempatan setelah rilis untuk mengatakan 'DOS sudah mati', namun pengembangan DOS 5.0 mengarah pada menjatuhkan permanen OS / 2 pembangunan.
Versi ini, setelah berantakan versi 4, diuji baik melalui distribusi versi Beta ke lebih dari 7.500 pengguna. Versi ini termasuk kemampuan untuk memuat driver perangkat dan program TSR di atas batas 640KB (ke UMBs dan HMA), membebaskan RAM lebih untuk program. Versi ini menandai berakhirnya kolaborasi antara Microsoft dan IBM pada DOS.

1991 - Agustus Linux lahir dengan posting berikut ke Usenet Newsgroup comp.os.minix :Hello everybody luar sana menggunakan minix-Aku sedang melakukan (gratis) sistem operasi (hanya hobi, tidak akan besar dan profesional seperti gnu) for 386 (486) AT klon.
Posting itu oleh seorang mahasiswa Finlandia, Linus Torvalds, dan hobi ini tumbuh dari awal yang sederhana menjadi salah satu yang paling banyak digunakan sistem operasi UNIX-like di dunia saat ini. Sekarang berjalan pada berbagai jenis komputer, termasuk Sun SPARC dan Compaq Alpha, serta banyak ARM, MIPS, PowerPC dan Motorola 68000 berbasis komputer.

Pada tahun 1992, proyek GNU (http://www.gnu.org/) mengadopsi kernel Linux untuk digunakan pada sistem GNU sementara mereka menunggu untuk pengembangan sendiri (Hurd) kernel mereka akan selesai. Tujuannya GNU proyek ini adalah untuk menyediakan lengkap dan gratis UNIX seperti sistem operasi, menggabungkan platform Linux atau Hurd dengan suite lengkap perangkat lunak bebas untuk berjalan di atasnya. Dalam rangka untuk memungkinkan untuk membawa nama GNU, kernel Linux hak cipta diubah menjadi Perjanjian Lisensi GNU Public (http://www.gnu.org/copyleft/gpl.html) pada tanggal 1 Februari 1992.

1992 "alamat Windows NT 2 Gigabytes RAM yang lebih dari aplikasi apapun butuhkan". Microsoft pada pengembangan Windows NT.

1992 Pengenalan CD-I diluncurkan oleh Phillips.

1992 - April Pengenalan Windows 3.1

1992 - Mei Wolfenstein 3D dirilis oleh Id Software Inc.

1992 - Juni Sound Blaster 16 ASP Diperkenalkan.

1993 penyedia komersial dibiarkan menjual koneksi internet untuk individu. Penggunaannya meledak, terutama dengan antarmuka baru yang disediakan oleh World-Wide Web (lihat 1989) dan NCSA Mosaic.
1993 Doom dirilis oleh Id Software Inc PC mulai dianggap sebagai game serius bermain mesin. Hal ini diperkuat oleh yang lain 1993 rilis termasuk "Sam dan Max Hit the Road", "Alone in the Dark" dan "The 7th Guest".
Ditandai 1993 Trilobyte The 7th Guest awal tingkat baru dalam game petualangan, dengan motion video penuh membuat CD-ROM mutlak penting. Permainan ini besar, benar-benar mengisi 2 CD dengan darah dan menanduk grafis penuh setan dan hantu. Bagi banyak pemilik PC itu game ini yang akhirnya mendorong mereka untuk membeli CD-ROM drive untuk komputer mereka.

1993 Novell membeli Digital Research, DR-DOS menjadi Novell DOS.

1993 - 22 Maret Intel Pentium dirilis. Pada saat itu hanya tersedia di 60 & 66 MHz versi yang mencapai hingga 100 MIPS, dengan lebih dari 3,1 juta transistor.

1993 - Mei MPC Level 2 spesifikasi diperkenalkan (lihat November 1990). Hal ini dirancang untuk memungkinkan pemutaran video 15 fps di jendela 320x240 piksel. Perbedaan utama adalah kebutuhan CD-ROM mampu 300KB/sec (kecepatan ganda). Juga dengan Level 2 adalah persyaratan bagi produk yang akan diuji oleh dewan MPC, membuat MPC Level 2 kompatibilitas cap sertifikasi.

1993 - 27 Juli Windows NT 3.1, rilis pertama dari seri Windows NT, dirilis. Namanya dipilih untuk mencocokkan versi terbaru dari versi 16 bit dari Microsoft Windows. NT berisi 'kernel' benar-benar baru pada inti sistem operasi, seperti Windows 3.x itu tidak didasarkan di atas MS-DOS. Hal ini dirancang untuk menjadi platform yang independen; pengembangan asli ditargetkan pada prosesor Intel i860 tapi itu porting ke MIPS dan kemudian ke 80.386 prosesor Intel populer. The 'Win32' API dikembangkan untuk Windows NT, menyediakan native 32 bit API bahwa programmer digunakan untuk 16 bit versi Microsoft Windows akan berada di rumah dengan.

1993 – Desember MS-DOS 6.0. Ini termasuk program kompresi Hard-Disk disebut DoubleSpace, tetapi perusahaan komputasi kecil yang disebut 'Stac' mengklaim bahwa DoubleSpace sebagian salinan Program Kompresi mereka, Stacker. Setelah membayar kerusakan Microsoft menarik DoubleSpace dari MS-DOS 6.2, merilis sebuah program baru - DriveSpace - dengan MS-DOS versi 6.22. Dalam operasi dan pemrograman antarmuka DriveSpace tetap hampir identik dengan DoubleSpace. MS-DOS 6.22 masih versi terakhir dari MS-DOS dirilis, karena Microsoft berpaling upaya ke Windows '95. Jendela '95 (dan kemudian) DOS shell melaporkan dirinya sebagai DOS 7 - dan termasuk beberapa perangkat tambahan, misalnya dukungan untuk nama file panjang.

1994 - 7 Maret Intel Rilis 90 & 100 versi MHz Pentium Processor.

1994 - 14 Maret Linus Torvalds merilis versi 1.0 dari Linux Kernel.

1994 - September PC-DOS 6.3 Pada dasarnya sama dengan versi 5.0 rilis ini dengan IBM termasuk perangkat lunak yang lebih dibundel, seperti Stacker (program yang menyebabkan Microsoft begitu banyak malu) dan perangkat lunak anti-virus.

1994 - 21 September Microsoft merilis Windows NT 3.5. Ini termasuk banyak fitur yang hilang dari 3,1 rilis asli, termasuk dukungan untuk file yang dikompresi dan kompatibilitas Netware.

1994 - 10 Oktober Intel Rilis versi 75 MHz Pentium Processor.

1994 Doom II dirilis. Ini mencerminkan kualitas meningkat pesat dari permainan yang tersedia untuk PC - pendapat yang didukung oleh rilis utama lainnya tahun 1994, seperti "Alone in the Dark 2", "Theme Park", "Magic Carpet" dan "Little Big Adventure" yang juga membantu menunjukkan keragaman permainan yang tersedia pada platform. Ini keberhasilan PC sebagai platform game sebagian disebabkan dan sebagian penyebab meningkat secara signifikan kepemilikan PC di antara 'umum' pada awal / pertengahan tahun 1990.

1994 Netscape 1.0 ditulis sebagai browser alternatif untuk NCSA Mosaic.
1994 Command & Conquer dirilis. Lainnya (rilis kurang signifikan) untuk PC termasuk Star Trek 'The Next Generation', Full Throttle, Descent dan Velocity Terminal. Munculnya kartu grafis 3D dari VIDEOLOGIC dan 3dfx membantu statusnya permainan platform lebih lanjut.

1995 - Maret Linus merilis Kernel Linux v1.2.0 (Linux'95).

1995 - 27 Maret Intel merilis versi 120 MHz dari prosesor Pentium.

1995 - 30 Mei Fitur utama dari Windows NT 3.51 adalah versi yang mendukung prosesor Power PC IBM. Penundaan dalam rilis prosesor berarti keterlambatan dalam rilis Windows NT 3.51 (NT 3.51 hanya ada karena prosesor tidak siap pada waktunya untuk NT 3.5). Sebagai tim pengembangan menunggu rilis prosesor mereka tetap bug dalam basis kode yang sudah ada. Hal ini membuat NT 3.51 handal dan karena itu populer dengan pelanggan.

1995 - 1 Juni Intel merilis versi 133 MHz dari prosesor Pentium.

1995 - 21 Agustus [poss. 23] Windows '95 diluncurkan oleh Bill Gates & Microsoft. Tidak seperti versi Windows sebelumnya, Windows '95 adalah sistem operasi seluruh - tidak bergantung pada MS-DOS (meskipun beberapa sisa-sisa dari sistem operasi yang lama masih ada). Jendela '95 ditulis khusus untuk komputer yang kompatibel 80386 dan memanfaatkan 'penuh' dari perusahaan pengolahan 32 bit dan kemampuan multitasking, dan dengan demikian dalam beberapa hal itu jauh lebih mirip dengan Windows NT dari Windows 3.x. Baik Windows 95 dan Windows NT menyediakan Win32 API untuk programmer, dan ketika Windows NT 4 dirilis itu memiliki user interface hampir identik dengan Windows 95. Sayangnya, untuk menjaga kompatibilitas mundur, Windows 95 tidak memaksakan perlindungan memori yang sama dan langkah-langkah keamanan yang NT tidak dan begitu menderita jauh lebih buruk stabilitas, kehandalan dan keamanan. Meskipun mirip luar biasa dalam fungsi untuk OS / 2 Warp (diproduksi oleh IBM dan Microsoft beberapa tahun sebelumnya, tetapi dipasarkan oleh IBM), Windows '95 telah terbukti sangat populer.
1995 - November 1 Pentium Pro dirilis. Pada pengantar itu mencapai kecepatan clock hingga 200 MHz (ada juga 150, 166 dan 180 MHz varian dirilis pada tanggal yang sama), tetapi pada dasarnya adalah sama dengan Pentium dalam hal set instruksi dan kemampuan. Ini mencapai 440 MIPS dan berisi 5,5 juta transistor - ini hampir 2400 kali lebih banyak sebagai mikroprosesor pertama, 4004 - dan mampu 70.000 kali lebih banyak instruksi per detik.

1995 - 28 Desember CompuServe memblokir akses ke lebih dari 200 situs seksual eksplisit, sebagian untuk menghindari konfrontasi dengan Pemerintah Jerman. Akses ke semua tapi 5 dipulihkan pada 13 Februari 1996.

1995 - Desember pengembangan JavaScript diumumkan oleh Netscape.

1996 Quake dirilis - mewakili peningkatan dramatis dalam kedua perangkat lunak dan teknologi perangkat keras sejak Doom, dari 3 tahun sebelumnya. Rilis terkenal lainnya termasuk "Peradaban 2", "Command & Conquer - Red Alert", "Grand Prix 2" dan "Tomb Raider". Di depan lebih kontroversial "Pertempuran Cruiser 3000" juga dirilis, tapi iklannya harus disensor.

1996 - Januari Netscape Navigator 2.0 dirilis. Browser pertama yang mendukung JavaScript.

1996 - 4 Januari Intel merilis 150 & 166 MHz versi dari Pentium Processor. Mereka berisi setara dengan lebih dari 3,3 juta transistor.

1996 Windows '95 OSR2 (Sistem OEM Release 2) telah dirilis - sebagian untuk memperbaiki bug yang ditemukan di rilis 1 - tetapi hanya untuk pengecer komputer untuk dijual dengan sistem baru. Sebenarnya ada dua rilis dipisahkan dari Windows 95 OSR2 sebelum pengenalan Windows '98, yang kedua yang mengandung kedua USB dan dukungan FAT32 - nilai jual utama Windows '98. FAT32 adalah sistem pengarsipan baru yang menyediakan dukungan untuk disk paritions lebih besar dari 2.1GB dan lebih baik dalam mengatasi disk besar (terutama dalam hal ruang terbuang).

1996 - 9 Juni Linux 2.0 dirilis. 2.0 adalah perbaikan yang signifikan atas versi sebelumnya: itu adalah yang pertama untuk mendukung beberapa arsitektur (awalnya dikembangkan untuk prosesor Intel 386, sekarang mendukung Digital Alpha dan akan segera mendukung Sun SPARC banyak lainnya). Itu juga kernel stabil pertama yang mendukung SMP, modul kernel, dan banyak lagi.

1996 - 31 Juli Windows NT 4.0 dirilis. Fitur utama adalah update dari antarmuka pengguna untuk mencocokkan Windows 95.

1996 - 6 Oktober Intel merilis versi 200 Mhz dari Pentium Processor.

1997 Tim Berners-Lee dianugerahi Institut Fisika '1997 Duddell Medal untuk menciptakan World Wide Web (lihat 1989).

1997 "Grand Theft Auto", "Quake 2" dan "Blade Runner" semua dibebaskan sementara Lara Croft kembali di "Tomb Raider 2". Sebagai standar untuk grafis terus meningkat, kartu grafis 3d mulai menjadi wajib untuk permainan pemain.

1997 - 8 Januari Intel merilis Pentium MMX (awalnya 166 dan 200 versi MHz), untuk game dan peningkatan multimedia. Untuk kebanyakan orang MMX hanya lain 3 huruf singkatan dan orang-orang yang mengenakan pakaian berwarna pada iklan Intel, dan programmer dalam berarti sebuah set instruksi lebih jauh diperluas yang menyediakan, antara fungsi lainnya, meningkatkan dukungan 64-bit - tetapi perangkat lunak harus khusus ditulis untuk bekerja dengan fungsi baru. Sebuah clone saingan utama, AMD-K6-MMX berisi set instruksi yang sama, menimbulkan tantangan hukum dari Intel pada hak untuk menggunakan nama merek dagang MMX - itu tidak ditegakkan.

1997 - 11 Mei IBM Deep Blue, komputer pertama untuk mengalahkan memerintah Juara Catur Dunia, Gary Kasparov, dalam pertandingan catur penuh. Komputer telah memainkan dia sebelumnya - kehilangan 5/6 game pada Februari 1996.

1997 - 7 Mei Intel Rilis Prosesor Pentium II mereka (233, 266 dan 300 versi MHz). Ini fitur, serta set instruksi meningkat, jauh lebih besar cache on-chip.

1997 - 2 Juni Intel merilis Pentium 233 MHz MMX.

1997 - 6 Agustus Setelah 18 bulan kerugian Apple adalah dalam kesulitan keuangan yang serius. Microsoft berinvestasi di Apple, membeli 100.000 saham non-voting senilai $ 150.000.000 - keputusan tidak disetujui oleh banyak pemilik apel! Salah satu kondisi adalah bahwa Apple adalah untuk menjatuhkan kasus mereka panjang pengadilan berjalan - mencoba untuk menuntut Microsoft untuk menyalin tampilan dan nuansa dari sistem operasi mereka saat merancang Windows.
Ada beberapa pendapat mengenai apakah Apple dibenarkan dalam melakukan gugatan kepada Microsoft, mengingat bahwa mereka sendiri menggunakan beberapa ide dari sistem XEROX 'Bintang' ketika desiging GUI mereka - Namun kesamaan antara MacOS dan Windows jauh lebih pronouced dibandingkan antara sistem XEROX dan Mac.

1998 - Februari Intel merilis prosesor 333 MHz Pentium II. Deschutes kode-bernama prosesor ini menggunakan proses manufaktur 0,25 mikron baru untuk berjalan lebih cepat dan menghasilkan lebih sedikit panas dari sebelumnya.

1998 - April Sebuah pengadilan AS akhirnya melarang permainan berjalan lama untuk membeli nama domain yang berkaitan dengan merek dagang dan kemudian di jual mereka untuk harga terlalu tinggi kepada perusahaan yang memiliki merek dagang. Kasus ini berbasis di sekitar seorang pria dari Illinois yang membeli www.panavision.com pada tahun 1995 dan baru saja mencoba untuk menjualnya untuk $ 13.000. Tingkat pergi komersial saat ini untuk registrasi nama domain adalah sekitar $ 100.

1998 - 25 Juni Microsoft merilis Windows '98. Beberapa pengacara AS berusaha untuk memblokir rilis sejak antarmuka O / S baru erat dengan program lain seperti Microsoft Internet Explorer dan secara efektif menutup pasar perangkat lunak tersebut kepada perusahaan lain. Microsoft berjuang kembali dengan surat ke Gedung Putih menunjukkan bahwa 26 dari sekutu industri mengatakan bahwa keterlambatan dalam rilis baru O / S dapat merusak ekonomi AS. Nilai jual utama Windows '98 adalah dukungan untuk USB dan dukungan untuk disk paritions lebih besar dari 2.1GB.

1999 - 25 Januari Kernel Linux 2.2.0 Dirilis. Jumlah orang yang menjalankan Linux diperkirakan lebih dari 10 juta, menjadikannya sebagai tidak hanya sistem operasi penting di dunia Unix, tetapi salah satu yang semakin penting dalam dunia PC.

1999 - 22 Februari rilis AMD K6-III versi 400MHz, 450 untuk OEM. Dalam beberapa tes itu melebihi segera-to-akan dirilis Intel P-III. Ini berisi sekitar 23 juta transistor, dan didasarkan pada 100MHz Super soket 7 motherboard, perbaikan pada bus 66MHz chip sebelumnya mereka didasarkan pada. Ini membantu kinerjanya jika dibandingkan dengan Intel Pentium II - yang juga menggunakan kecepatan bus 100MHz.

1999 - 31 Agustus Apple merilis G4 PowerMac. Yang didukung oleh PowerPC G4 chip dari Apple, Motorola dan IBM. Tersedia dalam 400MHz, 450MHz dan 500MHz versi yang diklaim sebagai komputer pribadi pertama yang mampu lebih dari satu miliar operasi floating-point per detik.

1999 - 29 November AMD Athlon merilis versi 750MHz.

2000 - 14 Januari Pemerintah AS mengumumkan pembatasan ekspor Cryptography yang santai (meskipun tidak dihapus). Hal ini memungkinkan banyak perusahaan AS untuk menghentikan berjalan lama, dan proses yang agak konyol karena harus membuat salinan AS dan Internasional dari perangkat lunak mereka.

2000 - 19 Januari Transmeta memulai 'Crusoe' chip baru mereka. Dirancang untuk laptop ini prvoide kinerja comparible untuk mid-range Pentium II chip, tetapi mengkonsumsi sebagian kecil dari kekuasaan. Mereka adalah pesaing baru dan menarik untuk Intel di pasar x86.

2000 - 17 Februari Peluncuran Resmi dari Windows 2000 - pengganti Microsoft untuk Windows 95/98 dan Windows NT. Diklaim lebih cepat dan lebih dapat diandalkan daripada versi sebelumnya dari Windows. Hal ini sebenarnya keturunan dari seri NT, sehingga trade-off untuk meningkatkan kehandalan adalah bahwa ia tidak akan menjalankan beberapa game berbasis DOS tua. Untuk menjaga pasar rumah tangga yang bahagia Microsoft juga merilis Windows ME, anggota terbaru dari seri 95/98.

2000 - 6 Maret AMD Rilis Athlon 1GHz.

2000 - 8 Maret rilis Intel persediaan sangat terbatas chip 1GHz Pentium III.

2000 -. 20 Juni British Telecom (BT) mengklaim hak untuk hyperlink atas dasar paten AS diberikan pada tahun 1989 paten serupa di seluruh dunia kini telah berakhir. Klaim mereka secara luas diyakini masuk akal karena Ted Nelson menulis tentang hyperlink pada tahun 1965, dan ini adalah di mana Tim Berners Lee mengatakan dia mendapat ide untuk World Wide Web dari. Ini hanyalah di baris kasus percaya sama - misalnya amazon.com 's mengklaim telah dipatenkan '1-klik memesan'. Bahkan lebih absurb adalah klaim yang dibuat Maret 2002 oleh 'til kemudian terdengar perusahaan "Maz Teknologi" yang mereka miliki, pada tahun 1998, memperoleh paten cukup generik yang meliputi penyimpanan dienkripsi dokumen. Klaim BT akhirnya ditolak oleh seorang hakim di AS pada tanggal 23 Agustus 2002.

2000 - 6 September RSA Security Inc merilis algoritma RSA mereka ke dalam domain publik, di muka dari paten AS (# 4405829) berakhir pada 20 September tahun yang sama. Setelah relaksasi pembatasan pemerintah AS pada awal tahun (14 Januari) ini dihapus salah satu hambatan terakhir untuk distribusi di seluruh dunia dari banyak perangkat lunak berbasis pada sistem kriptografi. Perlu dicatat bahwa algoritma IDEA masih dalam paten dan juga bahwa pembatasan pemerintah masih berlaku di beberapa tempat.

2001 - 4 Januari Linux kernel 2.4.0 dirilis.

2001 - 24 Maret Apple merilis MacOS X. Pada intinya adalah `Darwin ', sistem operaing Open Source pada FreeBSD. Dengan ini MacOS X akhirnya memberikan pengguna Mac Manfaat stabilty dari arsitektur memori dilindungi bersama banyak perangkat tambahan lain, seperti preemptive multitasking. Basis BSD juga membuat porting aplikasi UNIX ke MacOS lebih mudah dan memberikan pengguna Mac baris perintah antarmuka fitur lengkap bersama GUI mereka.

2001 - 25 Oktober Microsoft merilis Windows XP - versi terbaru dari sistem operasi Windows mereka. Berdasarkan kernel seri NT, itu dimaksudkan untuk mempertemukan kedua seri NT/2000 dan Windows seri 95/98/ME menjadi satu produk. Tentu, tentu saja, pada awalnya berharap bahwa ini akan terjadi dengan Windows 2000 tapi gagal. Kegagalan ini sebagian besar karena kompatibilitas dengan beberapa aplikasi yang lebih tua, terutama untuk masalah pengguna rumah dengan game berbasis MS-DOS. Windows XP berutang keberhasilannya sebagian beberapa improvments di compability, dan sebagian untuk waktu lulus - render banyak perangkat lunak yang tidak kompatibel usang pula.

2001 - 15 November Rilis dari Box yang `X '- konsol game Microsoft. Harganya $ 299 (atau £ 299 - ada fairness), dan akan mencakup kemampuan untuk terhubung ke internet untuk multiplayer game. Peluncuran Jepang adalah tanggal 22 Februari 2000, dan peluncuran Eropa tidak sampai 14 Maret 2002.
2002 - 6 Agustus Edsger W. Dijkstra meninggal. Dijkstra dikenal banyak orang untuk nya 'jalan terpendek' algoritma (1956). Meskipun ini adalah hal utama banyak orang akan ingat Dijkstra untuk, ia juga membuat kontribusi penting untuk berbagai bidang komputasi - khususnya dia harus diingat untuk karyanya pada masalah yang berkaitan dengan concurrency, seperti penemuan `semaphore '.

2003 - April 24 Windows Server 2003 adalah inkarnasi terbaru dari apa yang mulai hidup sebagai Windows NT. Windows Server 2003 adalah, seperti namanya, ditargetkan pada server daripada workstation dan PC di rumah, mereka adalah ranah Windows XP. Keamanan dan keandalan adalah tujuan utama selama pengembangan dan peluncuran Windows Server 2003, Windows adalah penting jika untuk menggantikan sistem UNIX yang melayani banyak perusahaan.

2003 - 24 Oktober MacOS 10.3 terus meningkatkan MacOS X, dengan update besar untuk 'Aqua' (user interface) serta peningkatan kinerja dan fitur baru.

2003 - 17 Desember Linux kernel 2.6.0 dirilis. Banyak fitur dari uClinux (dirancang untuk mikrokontroler tertanam) telah terintegrasi, bersama dengan dukungan untuk NUMA (digunakan dalam jumlah besar, sistem multi-prosesor). sebuah scheduler dan skalabilitas ditingkatkan perbaikan membantu memastikan Linux akan mempertahankan reputasinya untuk berjalan pada segala sesuatu mulai dari perangkat embedded kecil untuk server kelas enterprise besar dan bahkan mainframe. Seperti selalu mendukung untuk kelas baru hardware telah ditingkatkan secara signifikan.

2003 - 31 Desember Sir Tim Berners-Lee dianugerahi gelar sebagai pengakuan atas ciptaan-Nya dari 'World Wide Web'.

0 komentar :

Posting Komentar